Kultum Ramadhan Series #4

Peran Puasa Dalam Meningkatkan Perhatian Kita Pada Masyarakat Kurang Mampu

Jakarta, 28 Maret 2024. Kultum Ramadhan Series sudah mencapai episode ke-4, kajian kali ini diisi oleh Kepala Bagian Sumber Daya Manusia (SDM), Logistik, Keuangan dan Laboratorium yakni Ahmad Fauzi Maryadi., S.E., beliau menyampaikan materi yang bertemakan “Peran Puasa Dalam Meningkatkan Perhatian Kita Pada Masyarakat Kurang Mampu” pada Kultum Ramadhan Series #4 kali ini.

Kultum Ramadhan Series #4

Bulan Ramadhan adalah bulan di mana semua umat Muslim di seluruh penjuru dunia melakukan ibadah puasa. Puasa merupakan praktik spiritual yang dilakukan oleh umat Muslim di mana mereka menahan diri dari makan, minum, dan aktivitas tertentu lainnya dari fajar (waktu Subuh) hingga matahari terbenam selama bulan Ramadan dan ini merupakan salah satu kewajiban agama dalam Islam dan dianggap sebagai salah satu dari lima rukun Islam.

Dengan berpuasa selama sebulan penuh di bulan Ramadhan, puasa mengajarkan kita secara langsung bagaimana rasanya menjadi masyarakat yang kurang mampu, orang yang memang sudah merasakan lapar dan haus dahaga sehari-harinya. Fauzi menyampaikan bahwa kita hanya merasakan perasaan yang sama dari waktu terbit fajar hingga terbenamnya matahari, namun bagi mereka yang kurang mampu hal itu sudah menjadi keseharian mereka untuk menahan lapar dan haus.

“Bisa kita bayangkan, bagaimana para masyarakat yang kurang mampu di luar sana merasakan lapar dan haus dalam keseharian mereka? Kita hanya merasakannya selama sebulan ini saja, hanya di bulan Ramadhan saja. Dengan merasakan apa yang mereka rasakan di keseharian mereka dapat meningkatkan rasa empati kita untuk lebih dermawan dan memberikan sedikit harta kita kepada orang-orang yang kurang mampu, seperti contohnya sedekah dan zakat” ucap Fauzi.

Selain meningkatkan rasa empati kita terhadap orang-orang yang kurang mampu, berpuasa di bulan Ramadhan juga merupakan waktu yang tepat bagi kita untuk bersodaqoh tidak hanya kepada orang yang membutuhkan tetapi juga kepada yang tidak membutuhkan, seperti mengadakan acara Buka Puasa Bersama contohnya, dalam acara buka puasa bersama banyak sekali manfaat yang didapat. Selain mendapatkan pahala dari Yang Maha Esa, kita juga dapat mempererat tali silaturahmi antar sesama, membangun komunikasi dengan keluarga, teman ataupun kolega kita yang jarang berinteraksi sehingga itu dapat memperbaiki relasi kita kepada sesama.

“Barang siapa memberi makanan terhadap orang yang berpuasa maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga” (HR. Tirmidzi).

Penulis : Siti Zakiyah | Editor : Husna Rahmi

Bagikan ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *