Workshop OBE (Outcome Based Education)
Workshop OBE (Outcome Based Education)

Workshop OBE (Outcome Based Education)

Workshop OBE (Outcome Based Education)

Universitas Telkom Kampus Jakarta mengadakan workshop “Kurikulum OBE (Outcome Based Education), Konsep dan Implementasinya”. Dihadiri oleh Dr. Ir. Agus Achmad Suhendra, M.T. selaku Direktur Universitas Telkom Kampus Jakarta, Dr. Christanto Triwibisono, S.T., M.M. selaku Wakil Direktur Bidang Akademik serta hadir sebagai pembicara Dr. Tien Fabrianti Kusumasari, S.T., M.T. Selaku Wakil Dekan I Fakultas Rekayasa Industri Universitas Telkom, Taufik Nur Adi, S.Kom., M.T., Ph.D selaku Kaprodi S1 Sistem Informasi, Luthfi Ramadani, S.T., M.T., Ph.D selaku Sekretaris Program Studi S1 Sistem Informasi serta dosen-dosen Universitas Telkom Kampus Jakarta.

Dalam sambutannya, Direktur Universitas Kampus Jakarta, menyatakan bahwa penyelenggaran workshop  OBE (Outcome Base Education) ini adalah salah satu dari proses integrasi ITTelkom Jakarta ke Universitas Telkom. Dimana ada standar-standar dari Universitas Telkom kampus Utama  yang harus terimplementasi di kampus Jakarta. Dan ini merupakan upaya kita meningkatkan kualitas dan layanan kepada mahasiswa selaku stakeholdernya.  
Outcome-Based Education (OBE) adalah pendekatan yang menekankan pada keberlanjutan proses pembelajaran secara inovatif, interaktif, dan efektif. Dan OBE berpengaruh pada keseluruhan proses pendidikan dari rancangan kurikulum, perumusan tujuan dan capaian pembelajaran, strategi Pendidikan, rancangan metode pembelajaran, prosedur penilaian dan lingkungan/ekosistem pendidikan. Sistem OBE ini diharapkan mampu menjadi solusi dalam menghadapi kesenjangan antara pesatnya pertumbuhan teknologi dengan sumber daya yang cakap dalam berkompetisi dalam skala global sehingga penerapannya perlu pengawasan yang berkelanjutan sehingga tujuan ini dapat terpenuhi.

Workshop yang dilaksanakan pada tanggal 9 Maret 2023 di Universitas Telkom Kampus Jakarta bertujuan untuk memberikan wawasan kepada dosen-dosen di Telkom University Kampus Jakarta terhadap proses kegiatan belajar mengajar dan evaluasi pengajaran dengan menggunakan case method dan project based learning sebagai acuan dalam pelaksanaan dari Outcome Based Education (OBE). Perlunya program studi menyusun kurikulum yang berbasis  Outcome Based Education (OBE) adalah agar mahasiswa sebagai stakeholder dapat mengembangkan keterampilannya dan mempersiapkan mereka pada dunia kerja yang sesungguhnya.  OBE menjadi pendekatan yang menekankan pada keberlanjutan proses pembelajaran secara inovatif, interaktif, dan efektif.

Bagikan ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *