fresh graduate

To-do List seorang Fresh Graduate

Menjadi fresh graduate tentu menjadi sebuah pencapaian sekaligus tantangan bagi diri sendiri, pencapaian karena sudah berhasil lulus dari pendidikan di perguruan tinggi dan tantangan karena tentu saja kita harus menentukan masa depan karier setelah lulus demi tercapainya mimpi-mimpi yang belum terlaksana semasa belajar di perguruan tinggi.

Sebagai seorang fresh graduate, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk memulai kariermu dengan baik:

1. Membuat Rencana Karier

Tentukan apa yang ingin kamu capai dalam kariermu. Buatlah rencana jangka pendek dan jangka panjang, serta tentukan langkah-langkah apa saja yang perlu kamu ambil untuk mencapainya.

2. Perbarui CV dan Portofolio

Pastikan CV dan portofoliomu selalu berisi informasi terbaru dan terlihat menarik. Sertakan proyek-proyek atau pengalaman kerja yang relevan dengan posisi yang ingin kamu lamar.

3. Jelajahi Peluang Karier

Cari lowongan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan keterampilanmu. Gunakan situs web seperti LinkedIn, Jobstreet, Glints atau situs karier lainnya untuk mencari peluang yang sesuai.

4. Persiapkan Diri untuk Wawancara

Pelajari pertanyaan umum yang mungkin ditanyakan dalam wawancara kerja. Persiapkan jawaban yang baik untuk pertanyaan-pertanyaan tersebut dan sering-sering berlatih wawancara simulasi.

5. Perluas Hubungan Relasi

Memperluas jaringan atau relasi adalah salah satu langkah penting bagi fresh graduate untuk membangun karier. Ikuti berbagai acara dan seminar, menjadi relawan, bergabung dengan komunitas bisa menjadi salah satu cara untuk memperluas jaringan relasi yang kamu miliki.

6. Kembangkan Keterampilan

Perbarui dan kembangkan keterampilanmu sesuai dengan kebutuhan industri. Ikuti kursus online, seminar, atau pelatihan yang dapat meningkatkan kualifikasi dan keterampilanmu.

7. Sesuaikan Surat Lamaran Kerja

Tulis surat lamaran yang disesuaikan dengan posisi yang kamu lamar. Pastikan untuk menonjolkan keterampilan dan pengalaman yang relevan dengan posisi tersebut.

8. Siapkan Dirimu untuk Penolakan

Terkadang, kamu mungkin menghadapi penolakan dalam mencari pekerjaan. Ingatlah bahwa hal itu normal dan jangan menyerah. Gunakan setiap penolakan sebagai kesempatan untuk belajar dan meningkatkan dirimu.

9. Mencari Proyek Sampingan atau Program Kerja Magang

Jika kamu belum mendapatkan pekerjaan penuh waktu, pertimbangkan untuk terlibat dalam proyek sampingan atau magang yang dapat memberikan pengalaman tambahan dan meningkatkan portofolio dan CV-mu.

10. Tetap semangat, Tidak mudah menyerah dan selalu percaya diri

Proses mencari pekerjaan bisa menjadi tantangan, tetapi jangan kehilangan semangat. Percayalah pada dirimu sendiri dan tetaplah gigih dalam mencapai tujuan kariermu.

Dengan melakukan langkah-langkah ini, diharapkan kamu dapat lebih mudah meningkatkan peluangmu untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan keterampilanmu serta memulai kariermu dengan baik.

Penulis : Siti Zakiyah | Editor : Husna Rahmi

Bagikan ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *