Prospek D3 Teknik Telekomunikasi

Gelar D3 Teknik Telekomunikasi dan Prospek Kerjanya

Teknik Telekomunikasi menjadi program studi yang bisa kalian pilih untuk mengembangkan diri pada bidang teknologi. Para lulusannya berperan penting dalam mengembangkan telekomunikasi di Indonesia. Gelar D3 Teknik Telekomunikasi akan diberikan kepada para lulusan sebagai bukti sudah menyelesaikan perkuliahan dengan baik.

Mengenal Lebih Dalam Program Studi D3 Teknik Telekomunikasi

Program Studi D3 Teknik Telekomunikasi merupakan pendidikan vokasi yang akan mempelajari berbagai ilmu mengenai Teknik Telekomunikasi. Pada Program Studi D3 Teknik Telekomunikasi, para mahasiswa akan dipersiapkan untuk menjadi sumber daya manusia yang kompeten dalam mengembangkan telekomunikasi di Indonesia.

Para lulusan Program Studi D3 Teknik Telekomunikasi akan mendapatkan gelar Teknik Telekomunikasi karena dianggap sudah kompeten dalam bidang tersebut.

Adapun kemampuan yang dimiliki oleh para lulusan Program Studi D3 Teknik Telekomunikasi mencakup berbagai ilmu pada telekomunikasi, seperti pengukuran dan pengujian dengan alat telekomunikasi, fabrikasi antena dan sistem lainnya.

Selain itu, lulusan Program Studi D3 Teknik Telekomunikasi ini diharapkan bisa menguasai ilmu mengenai pemancar dan penerima jaringan telekomunikasi, mampu melakukan perawatan serta perbaikan alat telekomunikasi, serta mengembangkan aplikasi atau website yang bermanfaat dalam bidang telekomunikasi.

Program Studi D3 Teknik Telekomunikasi ini memberikan peluang bagi para lulusan SMA dan sederajat untuk bisa mengembangkan diri menjadi ahli telekomunikasi yang kompeten.

Selain berbagai kemampuan yang sudah disebutkan, lulusan Program Studi D3 Teknik Telekomunikasi juga juga bisa menjadi penyelia, pelaksana, wiraswasta, dan wirausaha pada bidang telekomunikasi.

Apa Gelarnya Lulusan Program Studi D3 Teknik Telekomunikasi

Lulusan Program Studi D3 Teknik Telekomunikasi akan mendapatkan gelar Ahli Madya Teknik. Penulisan gelar AMDT yang benar untuk Program Studi D3 Teknik Telekomunikasi ini adalah A.Md.T.

Para lulusan Program Studi D3 Teknik Telekomunikasi akan menyandang gelar ini karena program studi ini masih masuk kedalam rumpun teknik dan teknologi.

Dengan mempunyai gelar tersebut bisa membuat lulusan Program Studi D3 Teknik Telekomunikasi mempunyai penunjang untuk mengembangkan diri atau berkarir pada bidang telekomunikasi. Lulusan Program Studi D3 Teknik Telekomunikasi dengan gelar A.Md.T juga banyak dibutuhkan oleh perusahaan telekomunikasi besar yang ada di Indonesia dan negara lainnya.

Apa Saja Keterampilan Khusus yang Dikuasai?

Ada berbagai keterampilan khusus yang bisa dikuasai oleh para mahasiswa atau lulusan Program Studi D3 Teknik Telekomunikasi. Dengan keterampilan khusus ini membuat lulusan Program Studi D3 Teknik Telekomunikasi ini mempunyai keahlian yang spesifik.

Lalu, apa saja keterampilan khusus yang dikuasai para lulusan Program Studi D3 Teknik Telekomunikasi ini? Berikut ini adalah keterampilan khusus yang dikuasai oleh para lulusannya :

1. Mampu menerapkan ilmu sains

2. Mampu menerapkan prinsip rekayasa

3. Mampu menerapkan ilmu radio frekuensi dan jaringan telekomunikasi

4. Mampu memproses sinyal dari jaringan telekomunikasi

5. Mampu melakukan analisis sinyal

6. Mampu mengidentifikasi berbagai sumber permasalahan pada bidang dan alat telekomunikasi

7. Mampu merancang dan mewujudkan rangkaian elektronika telekomunikasi yang baik untuk digunakan

8. Mampu membuat rangkaian telekomunikasi yang sesuai dengan standar dari K3 telekomunikasi

9. Mampu melakukan pengujian terhadap berbagai alat telekomunikasi

10. Mampu menggunakan teknologi untuk mengembangkan telekomunikasi

Bagaimana Prospek Kerjanya?

Ada banyak sekali prospek kerja D3 Teknik Telekomunikasi yang bisa dikerjakan oleh para lulusan Program Studi D3 Teknik Telekomunikasi ini. Hal ini disebabkan karena selama kuliah, mahasiswa akan dibekali berbagai ilmu yang bermanfaat untuk mengembangkan diri pada bidang telekomunikasi.

Lulusan dari Program Studi D3 Teknik Telekomunikasi ini bisa mengembangkan diri pada berbagai perusahaan telekomunikasi yang ada di Indonesia dan dunia.

Prospek kerja utama dari Program Studi D3 Teknik Telekomunikasi ini adalah menjadi seorang Insinyur Telekomunikasi. Profesi tersebut sangat dibutuhkan di manapun karena berperan penting dalam mengembangkan telekomunikasi.

Itulah berbagai hal yang perlu kalian ketahui mengenai Program Studi D3 Teknik Telekomunikasi. Para penyandang gelar D3 Teknik Telekomunikasi diharapkan bisa mempunyai kemampuan yang mumpuni dalam bidang telekomunikasi agar bisa mengembangkan diri dengan baik ketika berkarir.

Penulis : Siti Zakiyah | Editor : Husna Rahmi

Bagikan ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *