Tips dan Trik Ujian Tengah Semester

Tips dan Trik menghadapi UTS (Ujian Tengah Semester) Yang Ampuh!

Tips dan Trik Ujian Tengah Semester

Tak terasa sudah setengah semester kita menjalani aktivitas kuliah dilalui dengan penuh perjuangan. Dengan menjalani ujian tengah semester ini maka kita menguji diri tentang pemahaman yang kita pelajari selama setengah semester. Dibawah ini merupakan tips dan trik menghadapi ujian tengah semester yang ampuh, sebagai berikut.

1. Persiapkan diri dan mental sebelum menghadapi ujian tengah semester

Pastikan istirahat yang cukup, makan makanan yang sehat, dan tetap aktif secara fisik. Selain itu, hindari stres yang berlebihan dengan melakukan meditasi, olahraga ringan, atau aktivitas santai lainnya.

2. Pelajari kembali materi-materi perkuliahan sebelumnya

Dengan mempelajari kembali materi-materi dari perkuliahan sebelumnya maka kita dapat mengingat materi yang telah tersampaikan, sehingga siap menjawab lembaran soal saat ujian.

3. Jangan menggunakan sistem kebut semalam

Sistem kebut semalam adalah sebuah metode belajar atau proses untuk mengejar sesuatu. Sistem ini dilakukan pada malam sebelum ujian, pengumpulan tugas, atau hari terakhir sebuah kegiatan. Tidak disarankan mempalajari materi ujian dengan sistem kebut semalam karena dapat menganggu konsentrasi dan Kesehatan. Sehingga tidak dapat menjawab lembaran soal dengan maksimal pada saat ujian.

4. Berdoa sebelum ujian

Ini ada do’a untuk yang beragama Islam :

قَالَ رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي

وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي

وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي

يَفْقَهُوا قَوْلِي

“rabbisyraḥ lī ṣadrī wa yassir lī amrī waḥlul ‘uqdatam mil lisānī yafqahụ qaulī”

Artinya: “Ya Rabb-ku, lapangkanlah dadaku, dan ringankanlah segala urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, agar mereka mengerti perkataanku.” (QS. Thaha: 25-28).

mengawali segala sesuatu dengan doa merupakan bentuk berserah diri kepada Allah SWT agar apa yang dilakukan bisa membawa manfaat. Begitu pun menghadapi ujian. Tidak ada salahnya memanjatkan doa sebelum ujian, dengan harapan diberikan oleh Allah SWT kemudahan dan kelancaran saat mengerjakan soal.

Kekuatan doa ini dinilai sangat dahsyat karena sebesar apa pun usahanya, jika tidak dibarengi dengan doa maka akan terasa kurang yakin.

Selamat menjalani ujian tengah semester bagi seluruh mahasiswa Telkom University Kampus Jakarta semoga hasil terbaik dan lulus dengan nilai yang bagus.

Bagikan ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *