Prospek Kerja Program Studi Teknologi Informasi

Prospek Kerja Program Studi Teknologi Informasi

Program Studi Teknologi Informasi di Telkom University Jakarta memiliki keunikan yakni dengan membangunan sistem berbasis komputer yang fokus pada industri kreatif (Creative Industry), ekonomi digital (Digital Economy) dan kewirausahaan (Entrepreneurship). Tiga aspek keunikan ini akan difasilitasi dengan menyediakan mata kuliah pilihan yang wajib diambil oleh mahasiswa setelah mata kuliah wajib telah terpenuhi. Sehingga mahasiswa tidak hanya memahami rumpun ilmu sesuai program studi tetapi juga rumpun ilmu yang berhubungan dengan industri kreatif, ekonomi digital dan kewirausahaan.

Lulusan Teknologi Informasi (TI) juga memiliki prospek kerja yang sangat baik, mengingat pentingnya teknologi informasi dalam berbagai industri. Berikut adalah beberapa prospek kerja bagi lulusan Teknologi Informasi:

1. Spesialis Infrastruktur TI

Bertanggung jawab atas desain, implementasi, dan pemeliharaan infrastruktur TI perusahaan, termasuk jaringan komputer, server, dan sistem penyimpanan data.

2. Pengembang Perangkat Lunak

Membangun, menguji, dan memelihara perangkat lunak dan aplikasi berbasis web atau mobile untuk memenuhi kebutuhan perusahaan.

3. Analisis Sistem

Menganalisis kebutuhan bisnis perusahaan dan merancang solusi teknologi informasi yang sesuai, serta mengelola implementasi sistem tersebut.

4. Administrator Basis Data

Bertanggung jawab atas desain, pengelolaan, dan pemeliharaan basis data perusahaan untuk memastikan keamanan, integritas, dan ketersediaan data.

5. Spesialis Keamanan Informasi

Melindungi sistem dan data perusahaan dari ancaman keamanan dengan menerapkan teknologi keamanan informasi, melakukan pemantauan keamanan, dan menanggapi insiden keamanan.

6. Analisis Data dan Big Data

Menganalisis data perusahaan untuk mendapatkan wawasan yang berharga dan mendukung pengambilan keputusan bisnis. Mengelola dan menganalisis big data untuk mengidentifikasi tren dan pola yang relevan.

7. Manajer Proyek TI

Mengelola proyek pengembangan sistem informasi dari awal hingga akhir, termasuk perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian proyek.

8. Konsultan TI

Memberikan saran dan solusi teknologi informasi kepada perusahaan untuk membantu mereka meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan keunggulan kompetitif.

9. Pengembang Aplikasi Mobile

Membangun aplikasi mobile untuk perusahaan atau klien, baik itu untuk platform Android maupun iOS, serta memastikan aplikasi tersebut berfungsi dengan baik dan aman.

10. Pengelola Layanan Teknologi Informasi (IT Service Manager)

Bertanggung jawab atas pengelolaan dan pengiriman layanan teknologi informasi ke dalam organisasi, termasuk dukungan pengguna, manajemen perangkat keras dan perangkat lunak, serta pemeliharaan infrastruktur TI.

Lulusan Teknologi Informasi memiliki peluang karir yang sangat luas dan dapat bekerja di berbagai industri, termasuk teknologi, keuangan, kesehatan, pemerintahan, dan banyak lagi. Dengan perkembangan teknologi yang terus berlanjut, permintaan akan profesional TI terus meningkat, sehingga prospek kerja bagi lulusan Teknologi Informasi sangat cerah dan meyakinkan.

Penulis : Siti Zakiyah | Editor : Husna Rahmi

Bagikan ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *