calon mahasiswa kuliah

Calon Mahasiswa Wajib Tahu, Ini Gambaran Tentang Kuliah!

Sebagai calon mahasiswa tentunya kalian sudah tidak sabar ingin segera berada pada bangku kuliah. Namun, sebelum itu pastikan untuk mengetahui terlebih dahulu gambaran tentang dunia perkuliahan.

Kuliah tidak sama seperti ketika sekolah, sehingga dengan mengetahui artikel ini diharapkan bisa membuat kalian untuk mempersiapkan diri menuju jenjang kuliah

Mahasiswa

Berikut ini adalah berbagai gambaran mengenai kuliah :

1. Program Studi

Program studi merupakan jurusan yang diambil ketika kuliah, dan ada beragam program studi yang bisa jadi pertimbangan kalian ketika memilih jurusan yang akan diambil ketika berkuliah nantinya.

Seperti misalnya saja pada ilmu  teknologi yang ada di Telkom University Kampus Jakarta, yang memiliki beberapa program studi seperti Teknik Telekomunikasi, Teknologi Informasi, Sistem Informasi, dan Desain Komunikasi Visual. Berbagai program studi tersebut mempunyai disiplin ilmu yang berbeda-beda.

Oleh sebab itu, sebelum kuliah pastikan kalian mengetahui program studi apa yang sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki. Dengan memilih program studi yang sesuai bisa membuat semangat belajar menjadi lebih meningkat.

2. Mata Kuliah

Apakah kuliah harus pintar? Pada dasarnya semua orang itu pintar dan kuliah dapat membuat pikiran kalian menjadi semakin terasah. Pikiran yang terasah ini akan menjadi tajam, berkat adanya berbagai mata kuliah yang dipelajari pada program studi masing-masing.

Jika di sekolah, mata kuliah seperti mata pelajaran. Akan ada berbagai ilmu yang kalian pelajari dari masing-masing program studi. Selain itu, biasanya setiap program studi memiliki materi kuliah yang berbeda, karena menyesuaikan dengan disiplin ilmu yang diterapkan.

3. Tugas Kuliah

Pemahaman tentang kuliah juga akan diasah dengan adanya tugas kuliah. Tugas yang diberikan ketika kuliah akan berbeda seperti ketika sedang sekolah. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan karena tugas yang diberikan harus dijawab dengan jawaban yang ilmiah.

Jawaban yang diberikan tidak boleh asal. Bahkan, akan lebih baik jika tugas tersebut disertakan jawaban dari berbagai referensi seperti misalnya penelitian, jurnal, dan lain sebagainya. Selain itu, tugas juga menjadi penilaian yang sangat penting ketika sedang berkuliah.

4. Jam Kuliah

Ketika sekolah, mungkin kalian sudah terbiasa dengan berangkat pukul 7.00 dan pulang maksimal pada pukul 16.00. Namun, jam kuliah tidak akan seperti itu. Waktu perkuliahan bisa saja dilaksanakan dari pagi hingga sore, siang, bahkan hingga malam pada waktu yang dilaksanakan secara acak.

Jam kuliah ini biasanya menyesuaikan dengan waktu yang dimiliki oleh dosen dan pengaturan dari pihak fakultas. Oleh sebab itu, jangan sampai kaget jika ketika nanti kalian akan menjumpai jam kuliah yang selalu berubah.

5. Satuan Kredit Semester atau SKS

Dalam dunia perkuliahan juga sering kali disebutkan istilah SKS atau Satuan Kredit Semester. Hal ini tidak akan dijumpai ketika kalian berada di bangku sekolah, karena sistem SKS hanya ada di bangku kuliah. SKS merupakan beban studi yang wajib untuk kalian tempuh selama berkuliah nantinya.

Jika kalian mengambil kuliah dengan jenjang S1 maka biasanya bobot SKS yang harus ditempuh adalah 144 SKS. Jika bobot tersebut sudah dipenuhi semua maka kalian bisa melaksanakan skripsi dan lulus menjadi seorang sarjana.

Itulah berbagai gambaran tentang kuliah yang wajib untuk kalian ketahui. Kini kalian sudah mengetahui berbagai jenis gambarannya, sehingga diharapkan tidak kaget ketika nanti sedang berkuliah.

Penulis : Siti Zakiyah | Editor : Husna Rahmi

Bagikan ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *