Potensi Pemanfaatan Big Data Dalam Ranah Pendidikan

Bidang pendidikan telah mengalami transformasi luar biasa sebagai akibat dari kemajuan teknologi digital. Big data atau maha data telah menjadi alat yang berguna di zaman modern ini untuk mengoptimalkan proses pembelajaran di lembaga pendidikan. Efisiensi, kemanjuran, dan kualitas layanan pendidikan semuanya dapat ditingkatkan dengan penggunaan maha data dalam pendidikan. Melalui pemeriksaan data yang teliti, lembaga akademis dapat menunjukkan dengan tepat elemen-elemen yang berdampak pada kemajuan peserta didik, memodifikasi strategi pedagogi, dan membuat materi pelajaran yang relevan. Selain itu, maha data dapat membantu pengelolaan sumber daya dengan meningkatkan penjadwalan, pengelolaan keuangan, dan prosedur administrasi.

Apa itu Big Data?

apa itu big data?

Secara historis, istilah “big data” masih ambigu; hal ini diyakini tidak dapat diandalkan dan tidak lebih dari konsep besarnya. Subyek tentang seberapa “besar” dan “kecil” terikat pada waktu, ruang, dan keadaan; istilah “besar” terlalu umum. Dari sudut pandang evolusi, maha data terus berkembang ukurannya. Dengan demikian, kumpulan data yang sangat banyak dengan struktur yang rumit, bervariasi, dan luas inilah yang dimaksud dengan maha data. Maha data terdiri dari beberapa jenis kumpulan data yang sulit ditangani dengan alat konvensional karena ukurannya tidak hanya sangat besar tetapi juga sangat bervariasi dan cepat.

Manfaat Big Data dan Penerapannya

manfaat big data
  1. E-learning
    Bentuk pemanfaatan maha data dalam pendidikan adalah penerapan e-learning di setiap sekolah. E-learning adalah pembelajaran formal maupun non formal yang dilakukan dengan memanfaatkan teknologi, sehingga pelajar dan pengajar melakukan proses belajar mengajar menggunakan media elektronik. Biasanya situs ini dapat diakses kapanpun dan dimanapun oleh penggunanya. Situs web e-learning memanfaatkan teknologi maha data untuk membantu pendidik dalam melakukan perekaman prestasi hasil belajar peserta didik yang telah melalui proses pemrograman. Selain itu, juga bisa mengidentifikasi materi dan tugas mana yang sekiranya belum dipahami oleh siswa. Dengan begitu, akan memudahkan pendidik dalam melakukan evaluasi dan merancang strategi pembelajaran selanjutnya.
  2. DAPODIK
    DAPODIK atau Data Pokok Pendidikan merupakan sebuah sistem pendataan dalam skala nasional yang sudah tersistematis. Selain itu, DAPODIK juga merupakan sumber data pada sistem pendidikan nasional saat ini, yang merupakan bagian dari program perancangan perancangan nasional dalam membentuk manusia Indonesia yang cerdas dan dapat bersaing secara nasional maupun internasional. Sehingga, bentuk dari adanya maha data ini dapat menjadi sebuah jembatan bagi beberapa aspek sehingga dapat terhubung satu sama lain.

Maha data membantu pendidik dalam melakukan perekaman prestasi hasil belajar peserta didik yang telah melalui proses pemrograman dan menyajikan rekap informasi perkembangan prestasi hasil belajar peserta didik. Pendidikan yang semakin terfasilitasi teknologi terbukti memberikan kemudahan bagi setiap pihak yang terlibat di dalamnya.

Bagikan ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *