Pendampingan Diklat dan Kunjungan SMK-PK SMK CINTA KASIH ZTU CHI

Pendampingan Ke-2

Kegiatan pendampingan ke-2 dilaksanakan pada tanggal 3 November 2022. Pada kegiatan pendampingan yang kedua, PIC PT Pendamping mendampingi kepala sekolah dan seluruh Guru SMK Jurusan RPL dalam hal pemantapan program apa saja atau training apa saja yang akan dilakukan untuk pertemuan-pertemuan selanjutnya.

Program yang diusulkan dan disepakati adalah bentuk dari feedback / umpan balik dari PIC PT pendamping sebagai bentuk solusi yang disesuaikan dari kendala dan harapan yang telah didiskusikan pada pertemuan pertama. Pada pendampingan kedua ini juga disampaikan dari pihak sekolah yang sedang melaksanakan seminar terkait anti perundungan kepada peserta seluruh siswa-siswa SMK yang merupakan salah satu program SMK pada serangkaian program SMK-PK.

Pendampingan Ke-3

Kegiatan pendampingan ke-3 dilaksanakan pada 9 November 2022. Pada kegiatan pendampingan yang ketiga, PIC PT Pendamping mendampingi serta berdiskusi dengan wakil kepala sekolah dan Guru-Guru SMK jurusan RPL terkait teaching Factory.

Pendampingan Ke-3 SMK Cinta Kasih Ztu Chi

Dari pertemuan ini pihak sekolah diarahkan untuk melakukan analisis SWOT dengan kondisi sekolah saat ini untuk menentukan Teaching Factory yang dibutuhkan pihak SMK CINTA KASIH TZU CHI. Selain Hasil dari Analisis SWOT tersebut maka didapatkan kekuatan SMK yang dapat dimaksimalkan, kesempatan-kesempatan yang dapat menjadi peluang SMK CINTA KASIH TZU CHI menjadi lebih unggul dalam bidang RPL, hingga kekurangan atau kelemahan yang masih ada pada SMK yang kita diskusikan secara bersama untuk mencari solusi – solusinya.

 

Selain Hasil dari Analisis SWOT tersebut maka didapatkan kekuatan SMK yang dapat dimaksimalkan, kesempatan-kesempatan yang dapat menjadi peluang SMK CINTA KASIH TZU CHI menjadi lebih unggul dalam bidang RPL, hingga kekurangan atau kelemahan yang masih ada pada SMK yang kita diskusikan secara Bersama untuk mencari solusi solusinya

Karena pendampingan dilakukan secara kontinu, maka pada pendampingan selanjutnya akan dilakukan diskusi dan pemberian materi terkait front-end dan back-end web development dalam dunia industry.

Pendampingan Ke-4

Pendampingan Ke-4 SMK Cinta Kasih

Kegiatan pendampingan yang ke-4 dilaksanakan pada tanggal 30 November 2022. Pada kegiatan pendampingan ini, PT pendamping mendampingi kepala sekolah dan guru RPL SMK. Pendampingan dilakukan secara berkelanjutan sesuai dengan agenda penguatan materi Teaching Factory pada SMK yaitu pemrograman web pada siswa kelas X, XI, dan XII.

Pokok pembahasan pada pendampingan ke empat membahas mengenai teknologi Front End untuk web development di Industri IT, yaitu HTML, CSS, Javascript, UI/UX beserta frameworknya. Tujuan dari pembahasan materi pendampingan adalah memberikan gambaran teknologi yang banyak digunakan di dunia industry saat ini agar link and match antara kurikulum pendidikan yang berjalan bagi siswa kelas X di SMK dengan dunia Industri dapat tercapai.

Dari pertemuan ini, pihak sekolah menyampaikan bahwa sebagian materi serta latihan sudah diberikan kepada siswa, seperti materi HTML, CSS, Framework Bootsrap beserta UI/UX pembuatan landing page website serta Portfolio oleh siswa.

 

Beberapa permasalahan yang dialami terkait materi yang disampaikan adalah sudah adanya rencana namun belum memasukkan Javascript pada siswa, kesulitan menentukan tipe project yang sesuai bagi siswa, serta ingin mengenalkan repositori service bagi siswa kelas X untuk berkolaborasi.

Selanjutnya sebagian lain materi yang diberikan PT Pendamping menjadi solusi masukan dalam pembelajaran yang dapat diberikan kepada siswa, mengingat teknologi UI/UX, dan Javascript serta Frameworknya saat ini banyak menjadi prasyarat keahlian yang dibutuhkan pada dunia Industri.

LAPORAN DOKUMENTASI KEGIATAN

 

Pada kegiatan pelaoporan akhir yang diadakan tanggal 13 Desember 2022 di SMK Cinta Kasih Tzu Chi merupakan pertemuan antara PT pedamping Bersama Pihk Menejemen dengan pihak SMK yang di hadiri oleh Wakil Kepala Sekolah dan Ketua Kurikulum RPL.

 

Pada pelaporan akhir, ada tiga poin yang kam bahas. Dimana yang pertama adalah terkait FGD evaluasi kegiatan pendampingan dari pertemuan pertama hingga pertemuan ke enam. Dari FGD ini juga ada beberapa masukan dari pihak sekolah untuk PT Pendamping yaitu dalam hal managemen waktu kegiatan agar lebih di efektifkan yang tidak terdesak di bulan akhir mendekati pelaporan.

 

Poin kedua adalah terkait monitoring kegiatan yang telah diusulkan dari pihak sekolah pada program SMK-PK yang kesuluruham kegiatan/program sudah terlaksana dengan baik semua. Pada sisi pengadaan alat-alat lab pun sudah tidak ada kendala.

 

Poin ketiga adalah penyampaian dari PT pedamping ucapan terimakasih dan permohonan maaf jika ada kekurangan selama kegiatan pendampingan. Selain itu dari Pihak PT pendamping meminta pihak sekolah untuk mengisi survey kepuasan sebagai masukan bagi PT pendamping dan menandatangi surat pengantar hasil pengmas diimplementasikan.

 

 

 

 

Dokumentasi Pendampingan SMK Cinta Kasih Ztu Chi
Hasil Laporan Pendampingan SMK Cinta Kasih Ztu Chi
Bagikan ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *