uts

Lupakan Liburan, Bersiap UTS Kemudian

Libur panjang lebaran merupakan momen-momen yang sangat ditunggu oleh seluruh masyarakat Indonesia. Selain adanya tradisi mudik, libur lebaran juga menjadi momen yang tepat untuk bersilaturahmi dengan anggota keluarga yang mungkin saja jarang kita kunjungi. Namun, setelah liburan, persiapan UTS liburan menjadi tantangan bagi mahasiswa yang harus segera kembali fokus pada studi mereka.

Banyak kegiatan yang dilakukan ketika berlibur, berkumpul bersama keluarga, saling berbagi kabar terkini kepada anggota keluarga, mengadakan kunjungan wisata dan mungkin juga ada yang memanfaatkan waktu liburnya hanya untuk beristirahat dari kepadatan dan kesibukan yang biasa dilakukan setiap harinya.

Setelah habis masa liburan tentu saja kita akan kembali ke rutinitas harian seperti belajar, bekerja ataupun melakukan aktivitas lainnya. Meskipun mungkin agak sedikit sulit untuk beradaptasi pada awalnya, kembali melakukan rutinitas seperti biasa secara perlahan dapat membuat aktivitas kita berjalan dengan lancar dan mencapai tujuannya.

Tidak terkecuali untuk mahasiswa, liburan menjadi momen salah satu momen untuk healing setelah padatnya rutinitas perkuliahan, tugas, praktikum dan kegiatan lainnya. Namun setelah masa libur berakhir, tentu saja atmosfer suasana liburan masih terasa, beradaptasi kembali dengan rutinitas setelah liburan menjadi tantangan bagi mahasiswa, terlebih lagi akan dilaksanakannya Ujian Tengah Semester (UTS) tepat setelah liburan mereka usai.

Menghadapi UTS setelah liburan usai menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi mahasiswa, melakukan persiapan untuk UTS tersebut pasalnya harus dilakukan ketika liburan mereka masih berlangsung. Namun dengan menerapkan beberapa langkah di bawah di harapkan dapat membantu mahasiswa dalam melakukan persiapan untuk menghadapi UTS dengan lebih matang.

UTS

1. Move On dari Suasana Liburan

Move On dari suasana liburan agar kamu dapat fokus untuk menghadapi persiapan UTS yang akan kamu hadapi setelah liburan.

2. Membuat Rangkuman Materi

Membuat rangkuman materi yang akan diujikan dalam UTS. Menggunakan catatan kuliah, buku teks, dan materi pembelajaran lainnya sebagai referensi untuk membuat rangkuman yang komprehensif dan mudah dipahami.

3. Jadwal Belajar yang Teratur

Buatlah jadwal belajar yang teratur dan realistis untuk membagi waktu antara revisi materi dan latihan soal. Jadwal ini harus mencakup waktu untuk setiap mata pelajaran yang akan diujikan dalam UTS.

4. Konsultasi dengan Dosen dan Teman

Jika ada bagian dari materi yang kurang dimengerti, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dosen atau teman sekelas. Diskusikan konsep atau masalah yang membuatmu bingung agar dapat menemukan jawabannya bersama.

5. Istirahat yang cukup dan pola makan yang sehat

Penting untuk tetap menjaga keseimbangan antara belajar dan istirahat agar pikiran tetap fokus, dan memakan makanan yang sehat juga sangat penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mental.

6. Percaya diri dan tenang

Tetap percaya diri dan tenang menjelang UTS, agar persiapan yang kamu lakukan di atas tidak menjadi sia-sia karena merasa canggung dan grogi.

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, diharapkan mahasiswa dapat lebih siap untuk menghadapi UTS dan mendapatkan nilai yang memuaskan.

Penulis : Siti Zakiyah | Editor : Husna Rahmi

Bagikan ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *