Kultum Ramadhan Series #5

Menjemput Malam Lailatul Qadar

Jakarta, 2 April 2024. Kultum Ramadhan Series merupakan segmen acara baru yang diadakan oleh Telkom University Jakarta selama bulan suci Ramadhan. Sudah mencapai seri ke-5, namun kali ini kultum ramadhan series diselenggarakan dengan cara yang berbeda dari biasanya, bukan dilaksanakan via zoom melainkan dilakukan onsite di Telkom University Jakarta Kampus A (Daan Mogot) dengan mengundang seorang Ketua yayasan Shiraathu Ar Rahim Perguruan Annida Al Islamy Jakarta yakni Ust. H. Ahmad Fulaih, M.A dan dihadiri oleh segenap civitas akademika Telkom University Jakarta.

Kultum Ramadhan Series #5

Kultum Ramadhan Series #5 kali ini mengangkat tema yang bertajuk “Menjemput Malam Lailatul Qadar”. Lailatul Qadar merupakan salah satu malam yang sangat ditunggu oleh seluruh umat muslim ketika bulan suci Ramadhan tiba. Lailatul Qadar terjadi pada malam ganjil di 10 hari terakhir di bulan Ramadhan, meskipun tanggal pastinya kapan tidak diketahui, namun dalam Al-Quran dan hadits yang memberikan informasi tanda-tanda dan keistimewaan malam ini.

Ust. Ahmad Fulaih menyebutkan beberapa keistimewaan pada malam Lailatul Qadar, yaitu:

1. Nilai pahala yang luar biasa

Al-Quran menyebutkan bahwa ibadah yang dilakukan pada malam Lailatul Qadar memiliki nilai pahala yang lebih besar daripada ibadah seribu bulan.

2. Malam diturunkannya Al-Quran

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada Lailatulqadar” Q.S Al-Qadr : 1. Malam di mana diturunkannya Al-Quran kepada Nabi Muhammad SAW oleh Malaikat Jibril, oleh karena itu pada malam ini memiliki nilai dan keberkahan yang sangat besar dikarenakan turunnya pedoman utama bagi seluruh umat Islam.

3. Dibukakannya pintu-pintu Surga

Pada malam Lailatul Qadar, pintu-pintu surga akan dibuka dan pintu-pintu neraka akan ditutup. Ini menunjukkan Allah SWT sangat dermawan dalam memberikan ampunan dan rahmat-Nya kepada hamba-Nya yang beribadah dan bertaqwa pada malam itu.

4. Diturunkannya segala urusan

Dalam hadis, disebutkan bahwa pada malam Lailatul Qadar, Allah SWT menentukan segala urusan yang akan terjadi dalam setahun berikutnya. Oleh karena itu, malam ini (Lailatul Qadar) juga merupakan waktu yang baik untuk memohon kepada Allah SWT agar dimudahkan dalam segala urusan dan mendapatkan keberkahan dalam hidup.

Begitulah beberapa keistimewaan malam Lailatul Qadar yang disampaikan oleh Ust. Ahmad Fulaih dalam kultumnya. “Hadis Riwayat Bukhari mengatakan “Carilah Lailalatul Qadar di malam ganjil dari sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan” itulah sebabnya mengapa di setiap malam ganjil di bulan Ramadhan yang ada namanya i’tikaf, nah maka gunakanlah waktu itu dengan sebaik-baiknya untuk beribadah kepada Allah SWT” ucap Ust. Ahmad Fulaih dalam mengakhiri ceramahnya.

Penulis : Siti Zakiyah | Editor : Husna Rahmi

Bagikan ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *