kualitas pendidikan

ISO 21001 : Membangun Kualitas Pendidikan Yang Berkelanjutan

Dalam era Pendidikan yang terus berkembang, kebutuhan akan manajemen Pendidikan yang efektif dan berkualitas semakin penting. Seluruh pendidikan berupaya dan mengharapkan untuk dapat memberikan pengalaman pendidikan yang terbaik bagi peserta didik mereka. Sistem pendidikan perlu dikemas dengan berbagai macam hal yang membuat peserta didik selalu semangat dan memiliki rasa ingin tahu lebih terkait apa yang dapat mereka dapatkan di dunia pendidikan, tidak hanya dalam bidang akademik melainkan dalam bidang non-akademik juga. Namun tidak dipungkiri bahwa pendidikan masih belum merata yang disebabkan oleh berbagai macam faktor seperti akses yang terbatas, kualitas guru dan tenaga pendidikan tidak sama rata, kurikulum yang tidak relevan, kualitas fasilitas dan infastruktur hingga kesenjangan digital. Hal itu tidak bisa jika hanya mengandalkan pemerintah, tetapi semua peran harus ikut terlibat langsung dalam pengembangan pendidikan untuk menjadi lebih berkembang.

Pendidikan Berkualitas

kualitas pendidikan

Banyak aspek atau faktor yang memperngaruhi kepada penilian atau kualitas suatu Pendidikan, dari segi sistem pengajaran, sistem pembelajaran, prestasi siswa/mahasiswa, kondisi lingkungan, infrastruktur pendukung belajar dan hal-hal lainnya. Untuk mendapatkan kualitas yang terukur, organisasi pendidikan perlu memiliki standar untuk dijadikan acuan dalam mancapai kualitas yang seharusnya. Terdapat beberapa standar yang dapat dijadikan acuan dalam dunia pendidikan, salah satunya merupakan ISO 21001 yang populer digunakan untuk sistem manajemen organisasi pendidikan (SMOP), standar ini membantu Lembaga pendidikan dalam meingkatkan kualitas dan efisiensi proses pembelajaran. Tetapi standari ini juga bukan hanya satu-satunya standar yang harus dan wajib digunakan oleh seluruh Lembaga pendidikan untuk mendapatkan kualitas yang baik, masih terdapat beberapa standar yang dapat menunjang kualitas pendidikan, namun pada artikel ini akan fokus membahas mengenasi ISO 21001 : Membangan Pendidikan  Berkualitas dan Berkelanjutan.

Definisi, Manfaat, dan Klausul-Klausul

ISO 21001 merupakan standar internasional yang dikembangkan oleh International Organization for Standardization (ISO) yang fokus membahas terkait Sistem Manajemen Pendidikan (Education Management System). Standar ini memberikan panduan bagi lembaga pendidikan dalam mengelola operasi agar lebih efisien, meningkatkan kualitas pendidikan, dan memenuhi kebutuhan peserta didik serta pemangku kepentingan lainnya. ISO 21001 membantu lembaga pendidikan dalam memahami dan memenuhi harapan peserta didik, merencanakan dan mengandalikan operasional pendidikan, serta memantau dan mengevaluasi kinerja pendidikan secara berkelanjutan.

Dengan menerapkan ISO 2001 berarti lembaga pendidikan telah menerapkan proses yang efektif dan berusaha meningkatkan kualitas pendidikan.

Terdapat 10 klausul dalam ISO 21001 yaitu sebagai berikut :

  1. Ruang lingkup
  2. Acuan Normatif
  3. Istilah dan Definisi
  4. Konteks Organisasi : Membahas terkait identifikasi hubungan antar proses, isu internal dan eksternal, serta hubungan dengan stakeholder yang dapat mempengaruhi operasional pendidikan
  5. Kepemimpinan : Membahas seputar kewajiban yang harus dijalankan oleh top management untun mencapai tujuan pendidikan yang berkualitas
  6. Perencanaan : Membahas terkait langkah-langkah yang perlu diambil untuk merencanakan sistem manajemen pendidikan, termasuk penetapan tujuan pendidikan, identifikasi risiko dan peluang.
  7. Dukungan : Membahas terakait semua panduan sumber daya, kompetensi dan infrastruktur yang diperlukan untuk mendukung sistem maanjemen pendidikan.
  8. Operasional : Membahas semua hal yang berkaitan dengan operasional, dimulai dari proses pembelajaran dan pengajaran, serta memastikan pemenuhan kebetuhan peserta didik.
  9. Evaluasi kinerja : Membahas terkait metode evaluasi dan pemantauan yang diperlukan untuk mengukur kinerja pendidikan dan menapai perbaikan berkelanjutan.
  10. Perbaikan : Membahas terkait pentingnya siklus perbaikan berkelanjutan yang harus dilakukan

 

Dengan demikian ISO 21001 juga mendorong inovasi dalam pendekatan pendidikan, meningkatkan kepuasan peserta didik dan membangun reputasi lembaga pendidikan yang kuat dalam manajemen pendidikan yang lebih baik dan berkelanjutan.

Bagikan ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *