ISO 27001

ISO 27001 : Keamanan Informasi Terjamin, Perlindungan Data Terkendali

ISO 27001 akan membantu perushaan dalam era digital yang semakin maju dan akan terus berkembang. Kemanan informasi telah menjadi isu yang semakin penting dan selalu diperhatikan bagi perusahaan di berbagai sektor. Ancaman terhadao keamana informasi semakin beragam dan kompleks, oleh karena itu, penting bagi setiap peruhaaan untuk dapat melindungi informasi yang dimiliki dengan hati-hati dan efektif. Dengan memahami pentingnya keamanan informasi dan menerapkan pendekatan yang tepat, organisasi dapat melindungi informasi mereka dengan efektif, mengurangi risiko, dan menjaga kepercayaan pelanggan serta reputasi yang baik di era digital yang penuh dengan tantangan keamanan.

ISO 27001

Keamanan Informasi

Perusahan kecil hingga perusahaan besar menyimpan sangat banyak informasi yang dimiliki dan jarang memuat informasi pihak eksternal juga. Informasi yang dimiliki bersifat rahasia dan hanya pihak tertentu saja yang dapat mengetahui atau mendapatkan informasi tersebut. Untuk membantu perusahaan dalam mengatasi hal tersebut, terdapat konsep sistem manajemen keamanan informasi (ISMS) untuk membantu mengambil pendekatan sistematik terhadap kemanana informasi di seluruh organisasi diantaranya dengan melakukan indetifikasi dan mengelola risiko  Oleh karena itu Standar ISO 27001 merinci persyaratan untuk membangun, memelihara, dan terus meningkatkan SMKI.

ISO 27001: Definisi, Manfaat dan Nilai, Prinsip-Prinsip,

ISO27001 secara resmi diadopsi  pada bulan Oktober 2005, BS7799-2 sebagai 1. Sejak itu telah terjadi beberapa pembaruan: pada tahun 2007, ISO 17799 diubah namanya menjadi ISO 27002. Dan pada tahun 2017, ISO/IEC 27001:2013 diterbitkan sebagai versi terbaru standar, menggabungkan perubahan kecil dalam kata-kata dan format. ISO 27001 merupakan standar yang paling terkenal untuk sistem manajemen keamanan informasi (ISMS), standar ini mendefinisikan persyaratan apa saja yang harus dipenuhi oleh ISMS. Standari ini memaparkan panduan kepada persuhaan untuk menetapkan, menerapkan, memelihara dan terus meningkatkan keamanan informasi. Jika perusahan sudah terstandarisai ISO 27001 maka diharapkan sudah melakukan indetifikasi pengelolaan risiko terkait keamanan data yang dimiliki atau ditangani oleh perusahaan, dan sistem ini menghormati semua praktik dan prinsip terbaik.

Manfaat perusahaan yang mengupayakan terstandarisasi atau sudah terstandarisai ISO 27001 pasti mendapatkan kredibilitas dan kepercayaan dari sudut pandang customer, mereka akan merasa aman ketika bekerjasama dengan perusahaan. Untuk mendapatkan Persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi oleh  mencakup klausul 4 – 10 yang terdapat pada ISO 27001:2013, dan secara umum manfaat yang akan diperoleh perusahaan diantaranya :

  • Melindungi segala informasi yang dimiliki yang berkaitan dengan pegawai dan customer baik digital, hardcopy atau dalam berbentuk cloud
  • Mengantisipasi terjadinya cyber attack
  • Mengelola risiko keamanan sitem informasi secara tepat dan efektif
  • Meningkatkan kesadaran dan keterlubatan karyawan dalam mengelola keamanan informasi

Prinsip dari ISO 27001 adalah untuk melindungi confidentiality, integrity dan availability dari informasi.

Confidentiality :  Seperangkat aturan yang membatasi akses menuju informasi

Integrity :  Jaminan bahwa informasi itu dapat dipercaya dan merupakan informasi yang akurat

Availability : Konsep Dimana informasi selalu tersedia Ketika dibutuhkan oleh pihak yang memiliki akses atau wewenang

Bagikan ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *