Angular JS, Framework JavaScript yang Memiliki Banyak Peminat

Angular JS, Framework JavaScript yang Memiliki Banyak Peminat

Pengembang memilih sejumlah kerangka kerja untuk membuat aplikasi web yang efektif, dan Angular JS menjadi pilihan yang paling disukai. Karena kerangka kerja ini bersifat open source dan memberikan bantuan luar biasa dari komunitas Angular JS, pengembang menggunakannya secara luas. Kapasitas AngularJS untuk membuat website tidak dapat disangkal. Selain itu, framework ini cukup ramah pengguna untuk pemula. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika mereka yang baru mengenal bidang pengembangan web ingin menguasai AngularJS

Apa Itu Angular JS

Angular JS

Tim Google menciptakan framework Javascript yang dikenal sebagai AngularJS. AngularJS menggunakan metode MVC yang membuat source code aplikasi kita menjadi bersih dan mudah dikembangkan. Alat pengembangan AngularJS membantu Anda mengintegrasikan beberapa program dengan model dan tampilan, yang memberi Anda prosedur sederhana untuk pengembangan aplikasi web cepat.

AngularJS cukup mumpuni untuk membuat berbagai jenis website. Namun, banyak yang menggunakannya untuk mengembangkan website berjenis Rich Internet Applications (RIA). Inilah jenis website yang mempunyai fitur dan kemudahan penggunaan seperti sebuah aplikasi. Beberapa contoh website RIA yang dibangun dengan AngularJS adalah Google Maps, Google Docs, dan Google Spreadsheet. Selain itu, AngularJS juga sering digunakan untuk membangun website jenis Single Page Application (SPA). Contoh SPA adalah Gmail, Netflix, dan Pinterest.

Tutorial Install Angular JS

install angular js

Sebagai panduan dasar belajar AngularJS, kami akan mengajak Anda untuk melakukan instalasi AngularJS dan membuat halaman sederhana dengan framework ini. Ada dua cara menginstall AngularJS, yaitu melalui cPanel dan menggunakan command line (CLI):

  1. Melalui cPanel
    – Login ke akun cPanel Anda– Scroll ke bagian Software, lalu pilih Softaculous Apps Installer– Jendela baru akan terbuka. Anda masukkan saja AngularJS pada kolom pencarian di kiri atas. Setelah itu, klik AngularJS yang akan muncul tepat di bawah kolom pencarian.– Klik tombol Install Now.

    – Pastikan Anda sudah mengisi semua kolom sesuai kebutuhan. Kolom Directory bisa dikosongkan kalau Anda ingin menginstall AngularJS langsung ke domain. Setelah itu, klik Install.

    – Jika tak ada pemberitahuan error, berarti Anda sukses memasang AngularJS di website Anda. Selamat!

  2. Melalui Command Line Installation (CLI)
    – Anda membutuhkan tiga hal ini sebelum bisa menginstall AngularJS melalui CLI: NodeJS, NPM, dan login ke server Anda melalui SSH. Jika tiga hal di atas sudah terpenuhi, berikut cara install AngularJS melalui CLI– Masukkan command berikut untuk menginstall AngularJS secara global: root@host ~]# npm install -g @angular/cli– Setelah itu, ketik command ng –version untuk memastikan bahwa AngularJS sudah terpasang. Jika semuanya lancar, Anda akan mendapatkan hasil seperti gambar di bawah ini. Selamat! AngularJS siap digunakan.
tutorial angular js
Bagikan ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *