rails

Tutorial Instalasi Ruby on Rails dengan Menggunakan VPS Linux

Memahami Ruby on Rails (RoR) akan membantu jika Anda sudah familiar dengan frameworknya sebelum mempelajari RoR lebih dalam. Framework adalah struktur yang dirancang untuk mempermudah proses pengembangan aplikasi web. Struktur default untuk halaman web, database, dan kode disediakan oleh framework ini. Kerangkanya dapat disederhanakan dengan diibaratkan dengan mainan Lego, di mana Anda dapat memadupadankan potongan Lego yang berbeda untuk menciptakan apa pun yang Anda inginkan. Pembangunan aplikasi web dapat diselesaikan lebih cepat dan efektif dengan memanfaatkan RoR.

Ruby on Rails (RoR)

rails

RoR adalah kerangka bahasa pemrograman Ruby. Fakta bahwa RoR adalah kerangka kerja “full stack” adalah salah satu nilai jual uniknya. Karena fitur ini, RoR dapat digunakan untuk menghasilkan HTML dan memperbarui halaman secara langsung, termasuk elemen front-end, selain mengelola elemen back-end seperti database dan server.

RoR membangun aplikasi web menggunakan arsitektur Model View Controller (MVC). Arsitektur MVC akan memisahkan kode aplikasi web menjadi tiga bagian, yaitu sebagai berikut:

– Model: berfokus pada sisi server dan berhubungan dengan database atau struktur data

– Tampilan: berfokus pada estetika aplikasi web sambil melayani pengguna.

– Pengontrol: menghubungkan Model dan Tampilan dan menyertakan logika untuk aplikasi web

Cara Instal Ruby on Rails di VPS Linux

install ruby on rails
  1. Pilih Paket VPS Hosting: Pilih penyedia VPS yang sesuai dengan kebutuhan, pastikan mereka menyediakan pilihan sistem operasi Linux yang kompatibel dengan RoR.
  2. Ganti Operating System VPS: Login ke panel kontrol VPS dan ganti sistem operasi menjadi distribusi Linux yang didukung oleh RoR, seperti Ubuntu atau CentOS.
  3. Login SSH VPS dan Update Server: Akses VPS melalui Secure Shell (SSH) dan lakukan pembaruan sistem menggunakan perintah sudo apt update (untuk distribusi Ubuntu) atau sudo yum update (untuk distribusi CentOS).
  4. Install Dependency Linux: Pasang dependensi Linux yang diperlukan untuk menginstal dan menjalankan Ruby on Rails dengan perintah sudo apt install curl gnupg2 dirmngr libssl-dev libreadline-dev zlib1g-dev autoconf bison build-essential libyaml-dev libreadline-dev libncurses5-dev libffi-dev libgdbm-dev.
  5. Install Node.js dan Yarn: Ruby on Rails memerlukan Node.js dan Yarn untuk menjalankan beberapa fitur frontend. Instal keduanya dengan perintah yang sesuai untuk distribusi Linux.
  6. Install Rbenv Ruby Version Manager: Rbenv adalah alat manajemen versi Ruby yang memungkinkan Anda menginstal dan menggunakan versi Ruby yang berbeda di satu sistem. Ikuti instruksi untuk menginstal Rbenv pada halaman GitHub resminya.
  7. Install Bahasa Pemrograman Ruby: Setelah menginstal Rbenv, kita dapat menginstal versi Ruby yang diinginkan dengan perintah rbenv install [versi_ruby]. Pastikan untuk mengatur versi Ruby yang baru diinstal sebagai versi default dengan perintah rbenv global [versi_ruby].
  8. Install Framework RoR: Akhirnya, install framework RoR dengan perintah gem install rails.
  9. Buat Project Rails Baru: Buat proyek baru dengan menjalankan perintah rails new [nama_proyek]. Ini akan membuat struktur dasar untuk proyek web kita.
  10. Jalankan Project Rails di Server: Pindahkan ke direktori proyek kita dan jalankan server pengembangan Rails dengan perintah rails server. Buka browser dan kunjungi alamat IP VPS dengan port yang ditentukan oleh server pengembangan Rails (biasanya http://alamat_ip_vps:3000).

Anda dapat dengan cepat meluncurkan website berbasis RoR di VPS Indonesia dengan mengikuti prosedur sebelumnya. Untuk pengembangan web, RoR menawarkan kerangka kerja yang kuat dan efektif, dan VPS Indonesia memberikan lingkungan hosting yang dapat diandalkan dan terukur yang membuat aplikasi web Anda berfungsi dengan sempurna.

Bagikan ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *