Komponen komputer terdiri atas satu kesatuan untuk dapat bekerja sama dan membantu aktivitas sehari-hari. Tentunya kita ingin komputer kita dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama, namun jika salah satu dari komponen komputer tidak dapat berfungsi dengan baik, maka akan sangat mengganggu aktivitas yang ingin dijalankan. Selanjutnya mari kita bahas beberapa tips dalam merawat kesehatan komputer anda…

  • Menjaga Aliran Listrik

Menjaga agar aliran listrik selalu tetap stabil merupakan langkah awal yang wajib dilakukan oleh users agar komponen komputer tidak mengalami kerusakan yang diakibatkan oleh adanya kelebihan listrik. Kelebihan listrik sering kali terjadi karena adanya surge, yang diakibatkan oleh aliran listrik yang meloncat dengan tinggi di komputer anda. Pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan membeli PSU dengan kualitas yang baik, juga memasang alat stavolt untuk menahan listrik agar tetap stabil saat anda menggunakan komputer anda.

  • Bersihkan Berkas Komputer

Melakukan maintance files secara rutin dapat meningkatkan kinerja dari komputer anda, pembersihan berkas ini akan menyelesaikan persoalan tumpukan dan penuhnya memori penyimpanan pada komputer anda, namun jika tidak dilakukan maka akan sangat membebani HDD atau SDD komputer anda.

  • Scanning Anti Virus 

Tips selanjutnya adalah melakukan pembersihan komputer dari virus yang mungkin saja menyangkut saat anda melakukan penjelajahan internet. Melakukan scanning secara rutin dapat mencegah virus untuk terus menempel pada komputer anda.

  • Pencadangan Data 

Terakhir lakukanlah pencadangan data (back up) dalam merawat dan menjaga kesehatan komputer anda, mulailah dari melakukan penyimpanan data penting atau data dengan ukuran yang sangat besar di dalam cloud. Melakukan hal tersebut, akan memberikan ruang lebih pada HDD atau SDD komputer anda sehingga terasa lebih ringan dan mampu bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Beberapa tips di atas dapat anda coba untuk membantu dalam menjaga dan merawat kesehatan komputer agar dapat melakukan kinerjanya dengan baik dalam jangka waktu yang lama.

Untuk info lainnya seputar Dukungan Teknologi Informasi Telkom University Jakarta silahkan kunjungi :

https://jakarta.telkomuniversity.ac.id/category/dti/

https://jakarta.telkomuniversity.ac.id

https://dti-jkt.telkomuniversity.ac.id/

(1) Comment

  • Arcico Weldy S April 28, 2023 @ 2:01 am

    Thank for the information, please visit
    VisitUs

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *