Tim Innovillage Telkom University Jakarta

Lolos Penilaian Proposal Social Project

Sinergitas Industri dan Perguruan Tinggi melalui penguatan program pengabdian masyarakat oleh mahasiswa memiliki peran krusial dalam mendorong inovasi dan digitalisasi untuk kesejahteraan dan kemajuan masyarakat Indonesia. Program Innovillage yang hadir sejak 2020 diperuntukkan sebagai kompetisi Social Project dalam menghasilkan sociopreneur muda teknologi dan digital.

PT Telkom Indonesia melakukan kolaborasi bersama Perguruan Tinggi, dalam hal ini Telkom University yang dipilih sebagai host kampus dan bekerjasama dengan komunitas Perguruan Tinggi seperti Forum Rektor Indonesia, Aliansi Perguruan Tinggi BUMN, Indonesia Career Center Network dan Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer mensosialisasikan program Innovillage 2023, dengan harapan dapat melibatkan lebih banyak mahasiswa agar tercipta pemanfaatan digitalisasi yang aplikatif dan peningkatan kemanfaatan sosial serta ekonomi.

Innovillage

Program Innovillage 2023 merupakan kompetisi Social Project tahun ketiga dengan tema “Empowering Young Sociopreneur for National Development” dan tagline #DigitalUntukSemua. Dengan total 2.783 peserta bersama 508 dosen pembimbing terdaftar dari 146 Universitas di Indonesia, 6 Tim Innovillage Telkom University Jakarta berhasil lolos dalam Penetapan Peserta Innovillage 2023 Skema Peningkatan Dampak Sosial berbasis SDGs dan Social Project Skema Sustainability dan mendapatkan pendanaan implementasi maksimal 20 juta rupiah.

Dalam perjalanan mereka untuk bisa sampai sejauh ini tentu tidak mudah, membuat proposal social project yang dapat menarik perhatian para tim reviewer pasti banyak melalui drama suka dan duka, dari jumlah total 795 proposal social project yang terdaftar pada Innovillage 2023, 6 proposal dari 6 Tim Innovillage Jakarta menjadi yang terpilih dari 163 proposal social project yang berhasil lolos dan mendapatkan pendanaan.

Perjuangan mereka tidak berhenti sampai disini, setelah lolos pendanaan tentu saja mereka harus melakukan implementasi terhadap social project yang mereka ajukan, melakukan update kemajuan implementasi social project pada setiap periode, baik berupa laporan, foto dan video kemajuan proses implementasi serta bimbingan bersama dosen pendamping. Masa implementasi berlangsung hingga 22 Februari 2024, selama masa ini para peserta harus  mengikuti pelatihan atau sertifikasi wajib yang telah disediakan oleh panitia dan melakukan pendampingan atau monitoring kepada social project masing-masing untuk memastikan project tetap berjalan dengan baik dalam kurun waktu 1-3 bulan ini.

Tema social project yang diusung oleh tim-tim Innovillage Telkom University Jakarta merupakan project yang ditunjukkan untuk membantu kesulitan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Diharapkan dengan project-project yang muncul dari ide kreatif para mahasiswa dan didampingi oleh para dosennya akan mempermudah kesulitan yang ada di Masyarakat yang membutuhkan dan berguna bagi seluruh manusia.

Penulis : Siti Zakiyah | Editor : Husna Rahmi

Bagikan ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *