Selamat Hari Pahlawan Nasional

Telkom University Jakarta Memperingati Hari Pahlawan Nasional

Jakarta, 10 November 2023 – Telkom University Jakarta menggelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2023 Acara ini diadakan di lapangan kampus A Telkom University Jakarta. Upacara di gelar berkolaborasi dengan SMK Telkom Jakarta yang dihadiri oleh para dosen, guru, staf, mahasiswa Telkom University Jakarta dan para guru serta para siswa SMK Telkom Jakarta.

Pengibaran bendera merah putih di Hari Pahlawan
Amanat Dr. Daduk Merdika Mansyur pada Upacara Hari Pahlawan Nasional

Dengan mengangkat tema “ Semangat Pahlawan Untuk Masa Depan Bangsa Dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”. Upacara yang di selenggarakan pada jam 07.00 WIB dimulai dengan penghormatan kepada bendera Merah Putih yang dikibarkan sebagai bentuk penghormatan kepada pahlawan-pahlawan yang telah berjasa bagi kemerdekaan Indonesia. Suasana hening memenuhi lapangan, menciptakan momen refleksi bagi seluruh peserta upacara.

Dalam pembacaan amanat dari Menteri Sosial Republik Indonesia, Dr. Daduk Merdika Mansur sebagai Wakil Direktur Bidang Sumberdaya, Marketing dan Admisi Universitas Telkom Jakarta sekaligus Pembina Upacara mengatakan bahwa tantangan yang sesungguhnya bagi generasi penerus untuk mengelola kekayaan alam dan juga potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan Bangsa dan Negara.

Ancaman dan tantangan ini akan kita taklukkan berbekal semangat yang sama seperti dicontohkan para pejuang 10 November 1945. Tidak mudah memang, tapi pasti bisa. Para Pahlawan telah mengajarkan kepada kita bahwa kita bukan bangsa pecundang. Kita tidak akan pernah rela untuk bersimpuh dan menyerah kalah. Sebesar apapun ancaman dan tantangan akan kita hadapi.

Bersyukur saat ini, semangat untuk berantas kebodohan dan perangi kemiskinan dapat dilihat dan dirasakan denyutnya di seluruh pelosok Negeri.

Semangat yang berasal dari  nilai perjuangan Pahlawan Bangsa di tahun 1945. Semangat yang membawa kita menolak kalah dan menyerah pada keadaan. Menyatukan kita dalam Upaya mewujudkan kehidupan kebangsaan yang Bersatu, berdaulat, adil dan Makmur. Serta memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Mewujudkan masa depan yang lebih baik.

Menambahkan dari amanat diatas, Dr. Daduk Merdika Mansyur, beliau menekankan pentingnya memahami dan menghargai perjuangan para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan bangsa. Ia juga menyoroti peran penting generasi muda dalam meneruskan semangat dan nilai-nilai kepahlawanan untuk membangun masa depan yang lebih baik. “Jika para Pahlawan berperang melawan para penjajah pada zaman dahulu menggunakan senjata, maka kita juga masih berperang hingga zaman sekarang dalam menghadapi kebodohan dan kemiskinan”.

Terima kasih, para pahlawan, atas pengorbanan dan dedikasimu kepada negeri ini. Kami melangkah maju dengan semangatmu yang berkobar dalam hati. Selamat tinggal, namun kenangan dan inspirasimu tetap menyala dalam diri kami. SELAMAT HARI PAHLAWAN NASIONAL.

Penghormatan civitas akademika Telkom University Jakarta kepada pahlawan-pahlawan yang telah gugur

Penulis : Siti Zakiyah | Editor : Husna Rahmi

Bagikan ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *