Hari Lahir Pancasila

Telkom Univeristy Jakarta memaknai Hari Lahir Pancasila

Jakarta, 1 Juni 2024 – Telkom University Jakarta gelar Upacara untuk memperingati Hari Lahir Pancasila yang bertempat di Lap. Kampus B Universitas Telkom Jakarta Jl. Halimun Raya, Guntur, Jakarta Selatan. Upacara berlangsung dengan lancar dan khidmat demi mengingat jasa-jasa para pahlawan yang memperjuangkan dasar negara Indonesia yakni Pancasila.

Hari Lahir Pancasila kali ini bertemakan “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045” yang dimaksudkan untuk mengajak kita untuk terus melahirkan generasi bangsa yang terbaik dan menjaga persatuan gotong royong dan kesetaraan. Indonesia akan mengalami usia emas pada tahun 2045. Pada saat itu, Indonesia genap berusia 100 tahun alias satu abad. Di masa itu, ditargetkan Indonesia sudah menjadi negara maju dan telah sejajar dengan negara adidaya. Demi terwujudnya sumber daya manusia Indonesia yang unggul, berkualitas, dan memiliki karakter kuat untuk menyongsong masa depan bangsa Indonesia, Pancasila lahir menjadi kekuatan Bangsa Indonesia, panduan dalam seluruh bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Kita merupakan salah satu elemen penting untuk menuju Indonesia Emas 2045, peran yang kita emban sebagai penghasil generasi bangsa yang unggul dan berkualitas harus tetap dipertahankan dan terus ditingkatkan” ucap Direktur Telkom University Jakarta yakni Dr. Ir Agus Achmad Suhendra M.T pada amanatnya.

Pancasila yang merupakan Dasar Negara dan Ideologi Bangsa Indonesia yang terdiri dari lima prinsip fundamental yang mencerminkan nilai-nilai luhur bangsa. Istilah Pancasila yang berasal dari bahasa Sansekerta yakni “panca” artinya lima dan “sila” berarti prinsip atau asas.

Sama halnya dengan Telkom University yang memiliki budaya HEI (Harmony, Excellence, Integrity), budaya HEI ini juga diambil dari  asas-asas Pancasila. Harmony yang artinya Komitmen Berdasarkan Prinsip Kepercayaan, Kebersamaan, Kerjasama, Saling Menghormati Perbedaan, Keharmonisan dan Keinginan untuk melakukan Tindakan yang Membawa Kebaikan pada Diri Sendiri dan Orang Lain; Excellence yang artinya Kemampuan Menggunakan Pengetahuan, Keterampilan, dan Sikap dalam Menyelesaikan Setiap Pekerjaan dan Tugas Dengan Kualitas Terbaik untuk Diri Sendiri dan Lingkungannya; Integrity yang artinya Selalu Mempertahankan Sikap Diri Mengikuti Norma dan Etika yang Berlaku dengan Menjaga Hubungan Baik dengan Orang Lain, Jujur, Dapat Dipercaya, Independen, Melakukan Janji, Mematuhi, dan Menjunjung Tinggi Kebenaran.

Dengan menerapkan budaya HEI yang merupakan Based Culture Education Telkom University yang berasaskan Pancasila, diharapkannya seluruh Sivitas Akademika Telkom University Jakarta dapat melahirkan bibit-bibit unggul bangsa yang berkualitas demi menuju Indonesia Emas 2045.

– SELAMAT HARI LAHIR PANCASILA –

Penulis : Siti Zakiyah | Editor : Husna Rahmi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *