Timeen JaSu

SWJS: Solar Water Jetting System Untuk Pemanfaatan Pertanian

Innovillage 2023 merupakan ajang kompetisi Social Project yang ide atau gagasan inovasi yang diusulkan dalam kompetisi berhubungan dengan Sustainable Development Goals (SDGs). Dengan memfokuskan ide-ide inovatif ini, program ini bertujuan untuk merangsang dan memfasilitasi talenta digital muda agar terus berkreasi dalam mengimplementasikan social project. Hasilnya diharapkan tidak hanya memberikan solusi konkret terhadap permasalahan masyarakat Indonesia, tetapi juga menciptakan dampak positif yang signifikan untuk mewujudkan pembangunan nasional yang inklusif dan berkesinambungan.

Timen JaSu yang merupakan salah satu tim Innovillage Telkom University Jakarta turut ikut serta dalam kompetisi Innovillage 2023 ini dan mengusulkan SWJS (Solar Water Jetting System) yang ditunjukkan untuk Desa Labuhan Jaya yang berada di wilayah Kecamatan Mesuji, Kabupaten Ogan Komerin Hilir, Provinsi Sumatera Selatan, Indonesia.

Desa Labuhan Jaya memiliki masalah yang cukup serius dalam sektor pertanian, kurangnya sistem pengairan tanaman tani membuat hasil pertanian di Desa Labuhan Jaya menjadi kurang maksimal. Menurut warga setempat salah satu faktor utama permasalahan pengairan ini adalah di mana sumber air sangat jauh dari area pertanian, sehingga membuat para petani di Desa Labuhan Jaya yang mayoritasnya para lansia dan kekurangan tenaga mengalami kesulitan untuk melakukan pekerjaan tersebut.

“Kami ingin sekali membuat sumur bor untuk mempermudah pengairan pertanian kami, namun karena sumber daya listrik yang juga sangat jauh dari area pertanian membuat kami kesulitan” ucap salah satu petani ketika diwawancarai oleh Timen JaSu.

Dengan permasalahan yang dialami oleh para petani Desa Labuhan Jaya, Timen JaSu mengusulkan Social Project yang merupakan bentuk solusi dari permasalahan petani Desa Labuhan Jaya yakni SWJS, sebuah sistem pengairan pertanian sumur bor yang ditenagai oleh panel surya.

air dan panel surya swjs

Solusi ini dirancang untuk memberikan pendekatan yang holistik dan berkelanjutan dalam penggunaan panel surya di sumur bor, menggabungkan aspek teknis, keberlanjutan, dan partisipasi masyarakat Labuhan jaya dalam pengelolaan sistem. Sumber daya air dan penyiraman yang efektif masih sangat susah didapat kan di perkebunan Desa Labuhan Jaya karna tidak adanya listrik untuk dapat mengalirkan air  di pertanian tersebut, oleh karena itu dengan adanya alat yang di beri nama “Solar Water Jetting System” diharapkan dapat mempermudah para petani dalam mendapatkan sumber air dan dapat melakukan penyiraman pertanian mereka dengan lebih efisien.

Penulis : Timen JaSu, Ezakiyah | Editor : Husna Rahmi

Bagikan ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *