Studium Generale : Industri Tower Telekomunikasi di Era Digital

Sabtu lalu tepatnya 27 Januari 2024,  S1 Teknik Telekomunikasi Telkom University Jakarta mengadakan Studium Generale secara online yang bertajuk “Industri Tower Telekomunikasi di Era Digital” dengan menghadirkan narasumber yakni Muhamad Afham Azri, S. T., yang merupakan seorang Manager Asisstant Solution Engineering Mitratel dan memiliki pengalaman lebih dari 5 tahun pada industri tower telekomunikasi.

Azri mengawali kuliah umum kali ini dengan membawa kita flashback tentang bagaimana teknologi berkembang sangat pesat. Satu dekade lalu pada tahun 2014 orang-orang banyak berbicara tentang sosial media dan perusahaan-perusahaan startup yang baru muncul, contoh seperti Twitter, Instagram, Facebook, Tokopedia, Gojek dan lain-lain. Namun saat ini di tahun 2024 pembicaraan masyarakat lebih banyak membahas tentang Chat AI, Block Chain, Big Data, Cloud dan lain-lain. Inilah yang membuat kita sebagai insan Telco (Telecommunication) sangat penting untuk terus mengikuti perkembangan teknologi dan tetap update terhadap teknologi yang terjadi saat ini dan yang akan datang nantinya.

Berbicara tentang industri tower telekomunikasi saat ini, Muhamad Azri menjelaskan bahwa kondisi makro ekonomi yang positif berpengaruh pada perkembangan industri tower telekomunikasi.

Industri Tower Telekomunikasi

Beliau juga menjelaskan tentang tower ekosistem, yaitu hal-hal yang terjadi  pada industri tower dan bagaimana industri tower bekerja, serta tren baru untuk bisnis tower nantinya.

Industri tower telekomunikasi menjadi salah satu industri yang sangat penting dan berpengaruh pada kehidupan kita sehari-hari, bayangkan saja jika tidak ada industri tower yang menyediakan tower untuk para MNO (Mobile Network Operator) beroperasi, kita sebagai konsumen tidak akan bisa menikmati layanan yang mereka sediakan seperti contohnya internet yang menghubungkan kita dengan sosial media maupun dunia maya.

Dengan pertemuan Studium Genarale kali ini, diharapkan nantinya para peserta khususnya mahasiswa Program Studi S1 Teknik Telekomunikasi Telkom University Jakarta dapat lebih mengerti tentang industri tower telekomunikasi sehingga untuk yang berminat pada bidang tersebut dapat mengambil ilmu yang sudah disampaikan sebelum mereka terjun langsung ke dunia kerja.

Penulis : Siti Zakiyah | Editor : Husna Rahmi

Bagikan ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *