Mari Kita Mengenal StartUp Got Talent (Stage) Competition 2023

Mari Kita Mengenal StartUp Got Talent (Stage) Competition 2023

Mari Kita Mengenal StartUp Got Talent (Stage) Competition 2023

Apa itu StarUp Got Talent Competition?

Event starup got talent competition merupakan kompetisi yang bertujuan untuk menciptakan lulusan-lulusan yang akan bergerak dalam dunia entrepreneurship dengan target menjadi Global Entrepreneurial university. Oleh karena itu Telkom University Kampus Jakarta melalui unit PPM dan Kemahasiswaan mengadakan event StartUp Got Talent (STAGE) 2023. Harapan dari event ini yaitu dan muncul ide-ide terkait startup, dan mendapatkan talent baru yang akan direkrut untuk membuat startup digital.

Latar Belakang StarUp Got Talent Competition

Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi telah menjadi komponen utama dalam mendukung pertumbuhan di berbagai bidang di dunia. Jumlah pengguna internet dunia pada tahun 2018 mencapai 3,9 miliar yang melebihi setengah populasi dunia, sementara di Indonesia hampir 197 juta atau 74% populasi Indonesia menggunakan internet di tahun 2020. Pertumbuhan penggunaan internet di Indonesia juga diiringi dengan pertumbuhan ekonomi digital yang tumbuh pesat dan tertinggi di Asia Tenggara. Pemerintah Indonesia telah mempersiapkan kerangka pengembangan ekonomi digital 2021-2030 untuk mewujudkan visi menjadi kekuatan ekonomi digital yang mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif, terhubung, dan berkelanjutan, sehingga Indonesia memiliki peluang untuk menciptakan entrepreneur dengan memanfaatkan teknologi digital. Sejalan dengan tujuan pemerintah, Telkom University Kampus Jakarta Mengadakan acara StarUp Got Talent Competition 2023.

Event Apa Saja Yang Dilaksanakan Dalam StarUp Got Talent Competition?

1. STAGE 0 : EVENT LAUNCH CREATING AN IMPACTFULL BUSINESS

Event lauch diisi oleh Sosialisasi event STAGE, program yang ada di BTP, kemudian sharing session dalam bentuk talkshow dari Startup yang berhasil dalam membangun bisnis yang impactful serta sustainable.

2. STAGE 1 : HOW TO BUILD START-UP AND TEAM MANAGEMENT

Materi ke-1 ini membahas materi dasar berupa tujuan membangun bisnis, dan memahami apa yang menjadi pembeda antara startup dengan bentuk perusahaan lainnya. Peserta diberikan pemahaman mengenai fase startup.

3. STAGE 2: BUSINESS MODEL DESIGN & VALIDATION

Materi ke-2 membahas bagaimana melakukan validasi terhadap ide dengan cara yang sistematis untuk mendapatkan desain model bisnis yang tepat. Framework bisnis model yang digunakan adalah lean canvas, dan diberikan praktek membuat lean canvas.

4. STAGE 3 : PITCH DECK

Pada tahap ini para tim startup mempresentasikan ide, dan lean model canvasnya dalam bentuk poster dan ppt, Kemudian dipilih 3 terbaik dari segi ide dan model bisnisnya dalam business model canvas.

5. STAGE 4: AWARDS CEREMONY

Sesi akhir ditutup dengan award kepada 3 Tim startup terbaik yang mendapatkan pendanaan dan mentor. Selanjutnya bagi semua tim berkesempatan mendaftar program FJIP Bandung Techno Park.

Bagikan ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *