SOSIALISASI PROGRAM CSR SDGs & KEGIATAN MAHASISWA

Jakarta, 6 Februari 2024 Unit Kemahasiswaan dan Unit Penelitian & Pengabdian Masyarakat (PPM) Telkom University Jakarta menggelar acara sosialisasi Program CSR SDGs dan Benefit Kompetisi Mahasiswa di Kampus 2 Telkom University Jakarta. Wakil Direktur Bidang I Telkom University Jakarta, Dr. Ir.  Christanto Triwibisono, M.M., menyampaikan tentang manfaat-manfaat mengikuti perlombaan-perlombaan semasa kuliah. Selain mendapatkan pengalaman, mahasiswa yang berhasil lolos dan menjadi juara baik itu perlombaan tingkat nasional maupun internasional dapat mendapatkan privillage seperti membangun skill, pembebasan biaya kuliah dan lainnya.

SDGs

Acara sosialisasi kali ini terbagi menjadi 2 acara yakni Sosisalisasi Program CSR (Corporate Social Responsibility) dibidang SDGS (Sustainable Development Goals) Telkom University. Materi sesi ini dibawakan oleh Syifa Nurgaida, M.T., selaku Kepala Bagian Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Telkom University Jakarta, beliau menjelaskan tentang maksud dari program CSR SDGs. Program ini mempunyai tujuan pembangunan berkelanjutan dan memiliki rencana aksi global yang disepakati oleh para pemimpin dunia, termasuk Indonesia pada tahun 2015, guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan. SDGs berisi 17 tujuan dan 169 target yang diharapkan dapat dicapai pada tahun 2030.

17 Tujuan SDGs

Salah satu bukti nyata tentang visi Telkom University dengan didirikannya Digital Collaboration for Sustainability (DCS) pada tahun 2023 yang merupakan SDGs Center milik Telkom University yang memiliki tujuan untuk membuat sebuah kolaborasi yang diberi nama Penta Helix yakni sebuah kolaborasi antara akademisi, masyarakat, pemerintah dan media untuk berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan Indonesia sehingga tercapainya kesejahteraan masyarakat Indonesia.

audience sosialisasi

Acara ke-2 yaitu sosialisasi yang membahas Benefit Kompetisi Mahasiswa yang dibawakan oleh Rana Zaini Fathiana, M.T., selaku Kepala Urusan Kemahasiswaan Telkom University Jakarta. Beliau menyampaikan bahwa terdapat banyak kompetisi-kompetisi bergengsi yang dapat mahasiswa ikuti, timeline kompetisi-kompetisi tersebut dan benefit yang akan mahasiswa dapatkan jika mahasiswa berhasil menjadi juara dan berprestasi pada kompetisi setingkat nasional maupun internasional. Banyak benefit jika mahasiswa berhasil meraih prestasi, diantaranya yaitu: mendapatkan penghargaan dari direktorat kemahasiswaan, mendapatkan Transkrip Aktivitas Kemahasiswaan (TAK) yang merupakan salah satu syarat untuk kelulusan mahasiswa, mendapatkan insentif dari direktorat kemahasiswaan sesuai dengan kategori tingkat perlombaannya, dan masih banyak lagi yang lainnya tergantung bagaimana syarat dan ketentuan yang berlaku.

Dilanjutkan dengan sosialisasi PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) yang merupakan salah satu bentuk kompetisi yang bisa diikuti oleh teman-teman mahasiswa dan berprestasi di dalamnya. Materi yang dibawakan oleh Dra. Endang Budiasih, M.T., beliau merupakan seorang Penggawa prestasi mahasiswa di Telkom University, dan sudah menjadi Juri Nasional PKM sejak tahun 2009. Dra. Endang Budiasih, M.T. membawakan materi terkait serba-serbi PKM (Program Kreativitas Mahasiswa), dimulai dari alur kegiatan PKM tahun 2024, menjelaskan ketentuan dan sistematika penulisan proposal PKM, karakteristik umum kategori bidang PKM, dan bagaimana penentuan nilai PKM tersebut.

Sosialisasi PKM

Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan Civitas Akademika Telkom University Jakarta dapat termotivasi untuk selalu berjuang dan berprestasi mengharumkan nama Telkom University.

Penulis : Siti Zakiyah | Editor : Husna Rahmi

Bagikan ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *