perkembangan-teknologi-jaringan

Perkembangan Teknologi Jaringan

Secara umum jaringan merupakan salah satu alat komunikasi saat ini yg kita gunakan sehari-hari, dengan beberapa komponen perangkat seperti komputer, laptop, handphone, switch, router, server, dan access point untuk dapat saling terhubung. Sistem jaringan dapat terhubung mengunakan kabel maupun nirkabel. Teknologi memiliki perkembangan sangat pesat di setiap harinya. Perkembangan teknologi jaringan di kehidupan sehari-hari sangat bermanfaat untuk bekerja dan berkomunikasi jarak jauh seperti telepon, laptop, pc dan sebagainya. Yang memiliki dampak positif dan mempermudah pekerjaan dalam kehidupan sehari-hari.

perkembangan-teknologi-jaringan

Berikut macam macam teknologi jaringan………

1. Access Point

Access point merupakan salah satu alat yang paling penting untuk membuat sebuah jaringan. pengertian access point adalah perangkat keras jaringan komputer yang menghubungkan piranti nirkabel (tanpa kabel) dengan jaringan lokal menggunakan teknologi seperti wifi, bluetooth, wireless, dan lain sebagainya. Access point juga sering disebut dengan wireless local area network (WLAN).

access point teknologi jaringan

2. Switch

Switch adalah suatu komponen jaringan yang sangat penting digunakan sebagai penghubung komputer atau perute pada satu area yang terbatas, yang digunakan sebagai jembatan data, sering di sebut juga jembatan pancaporta, jadi switch yaitu sebuah komponen jaringan yang bertugas untuk menghubungkan beberapa perangkat komputer.

switch teknologi jaringan

3. Router

Router juga merupakan salah satu komponen yang penting juga dalam membangun jaringan. Router juga berfungsi untuk mentransmisikan paket data dari jaringan internet ke perangkat lain melalui proses routing. Router juga bisa untuk menghubungkan jaringan lokal ke koneksi DSL (digital subscriber line). Biasanya, DSL router juga berguna sebagai firewall atau melindungi data untuk meningkatkan cyber security agar jaringan internet lebih aman, Dengan begitu, router bisa berfungsi memblokir lalu lintas data yang mencurigakan dan mencegah adanya broadcast storm yang membuat kinerja jaringan lambat.

router teknologi jaringan

Terimakasih telah mengunjungi website ini untuk membaca tentang teknologi jaringan diantaranya: Access Point, Switch, dan Router

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai kampus Telkom University dapat dilihat pada link di bawah ini:

Telkom University | The Best Private University in Indonesia

Telkom University Jakarta – Creating the Future

Bagikan ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *