Motivasi Penyemangat Hidup

Motivasi Hidup

Dalam kehidupan, kadang ada beberapa kejadian yang membuat kita merasa hancur dan remuk. Kita boleh kecewa bahkan boleh menangis. Tapi jangan merasa bahwa kita tidak berguna, merasa ini adalah akhir dari segalanya. Tapi masih ada jalan yang bisa kita lakukan. Terus asah dirimu dan percaya pada prosesnya, masih ada akhir yang indah asalkan kamu tetap percaya dan berusaha. Motivasi hidup sangat penting untuk kita tetap kuat dan tidak menyerah.

Kelembutan selembar tisu mampu menahan air dalam botol. Walaupun isi botol dibalik air tidak akan tumpah dengan selembar tisu. Jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan, lembut itu bukan berarti lemah. Kadang kita tidak sadar bahwa di dalam sebuah kelembutan ternyata ada kekuatan luar biasa yang sanggup menahan tekanan baik dari dalam ataupun luar. Maka jangan meremehkan kelembutan seseorang yang tampak dari luar. Ini bisa menjadi bagian dari motivasi hidup kita, memahami bahwa kekuatan tidak selalu terlihat dari luar.

Dua hal yang harus kita lawan dan kita kalahkan adalah rasa takut dan rasa tidak mampu. Rasa takut yang sering membatasi potensi diri dan rasa ragu merasa tidak mampu, merasa tidak layak. Itulah yang menghalangi kita untuk menjadi diri kita seutuhnya. Jangan pernah meragukan diri sendiri dan jangan berhenti. Apapun yang terjadi, teruslah melangkah dan percaya diri. Motivasi hidup akan membantu kita melihat bahwa apa yang sedang disiapkan untuk kita lebih besar dan lebih indah dari apa yang pernah ada dalam hidup kita.

Ketika marah dan kecewa, orang pendiam akan sangat menghindari interaksi, memilih diam dan menjauh. Jika ditanya pun, ia akan menjawab dengan satu kata atau satu arah yang artinya: pergilah, jangan ganggu aku, aku ingin sendiri. Namun, memahami reaksi ini bisa membantu kita dalam menemukan motivasi hidup untuk lebih mengerti diri sendiri dan orang lain.

motivasi hidup agar tidak mudah marah

Seumpama balon ditusuk dengan satu buah tusuk gigi pasti balon meletus/meledak, tetapi bila balon ditusuk dengan lima tusuk gigi yang menyatu, maka balon tidak akan pecah. Balon itu ibaratnya mimpi dan tusuk gigi adalah kegagalan. Jadi ketika pertama kali kita gagal, mungkin rasanya dunia seperti meledak, mimpi dan harapan juga hancur. Tapi ketika kita terus berproses, ada banyak kegagalan dan itu tidak akan pernah bisa menghancurkan mimpi dan harapan. Karena sebenarnya kegagalan itu artinya pembelajaran. Jadi banyak kegagalan adalah banyak pembelajaran dan itulah yang akan menguatkan kita. Ini adalah bagian dari motivasi hidup yang penting untuk diingat.

motivasi hidup dalam relationship

Setiap interaksi pasti akan ada reaksi, begitu juga hubungan atau relationship. Ada hubungan yang pas cocok yang akhirnya membuat adem dan tenang, tapi ada juga yang tidak cocok yang bisa membuat emosi meluap-luap. Tidak semua hubungan bisa dipaksakan. Kalau tidak sejalan, kadang lebih baik tetap berada di luar berdampingan daripada bersama tapi menambah masalah. Menyadari hal ini dapat menjadi motivasi hidup dalam memilih hubungan yang sehat.

Pelajaran dari sebuah pernikahan. Setelah menikah, cinta berubah menjadi kata kerja yang harus dikerjakan. Pernikahan adalah siap beradaptasi seumur hidup, saling memahami, mengalah, melayani, dan membantu. Pernikahan adalah sama-sama bertumbuh, bukan siapa yang lebih baik, bukan siapa yang lebih hebat tetapi harus sama-sama hebat, harus sama-sama baik. Pernikahan itu indah jika bersama orang yang tepat karena pernikahan adalah perjalanan di sisa umur kita. Motivasi hidup dalam pernikahan adalah untuk terus bekerja sama dan saling mendukung.

Hidup ini akan selalu ada banyak rintangan, pukulan, tekanan, tapi kalau kita mengisi diri kita dengan iman, harapan, dan kasih sayang, maka sekeras apapun hidup yang harus kita lalui tidak akan membuat kita hancur. Motivasi hidup yang kuat akan membuat kita semakin mampu menghadapi segala hambatan dan tantangan.

Jika orang tua kita tidak punya nama besar untuk dibanggakan, maka besarkanlah dirimu dengan perbuatan baik. Orang akan bertanya siapa bapak dan ibumu. Dan dengan cara itu kita telah membesarkan nama orang tua kita. Jangan menilai seseorang dari postingan karena tidak semua postingan menggambarkan kepribadian kita. Ingat, media sosial itu hanya tempat hiburan.

peran orang tua dalam motivasi hidup

Jika ingin tahu keburukan seseorang, tanyakan kepada mereka yang membencinya, dan jika ingin tahu kebaikannya maka tanyakan pada orang yang menyukainya. Ini bisa menjadi motivasi hidup kita untuk selalu berbuat baik.

created by: endang

Bagikan ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *