Mengenal Apa Itu WiFi 6 Serta Kelebihannya yang Bisa Didapatkan

Mengenal Apa Itu WiFi 6 Serta Kelebihannya yang Bisa Didapatkan

Kehidupan kita semakin beralih ke internet selama sepuluh tahun terakhir, dan internet nirkabel telah memungkinkan perubahan ini. Iterasi terbaru dari teknologi ini dikenal sebagai Wireless Fidelity 6, atau 802.11ax. WiFi 6 dijanjikan secara signifikan mengubah jaringan nirkabel di seluruh dunia. Lalu, apa itu WiFi 6 dan apa saja manfaat yang ditawarkannya? Simak artikel dibawah ini untuk penjelasannya.

Apa itu WiFi 6?

wifi 6

Jika Wireless Fidelity adalah salah satu jenis protokol jaringan LAN tertentu, maka WiFi 6 adalah nama jaringan Wireless Fidelity versi terbaru. WiFi 6 mewakili kemajuan signifikan dibandingkan Wireless Fidelity 5 dan generasi sebelumnya. Namun, belum ada perubahan besar dalam cara kita menggunakan jaringan nirkabel dalam hal konsumsi. Namun, ada perbedaan mencolok dalam kecepatan dan performa saat menggunakan internet. Grafik ini memberikan informasi lebih lanjut tentang kemajuan Wireless Fidelity dan kode jaringan perangkat titik akhir.

Kelebihan WiFi 6

kelebihan wifi 6

WiFi 6 merupakan salah satu jenis jaringan LAN yang menawarkan beberapa keunggulan. Anda harus mengetahui keunggulan Wireless Fidelity 6 berikut ini: 

  1. Meningkatkan Keamanan
    Jika keamanan WPA2 digunakan oleh mayoritas jaringan Wireless Fidelity publik, maka keamanan WPA3 digunakan pada Wireless Fidelity 6 untuk meningkatkan keamanan. Dengan demikian, hal ini akan berkontribusi pada jaringan nirkabel yang lebih aman. meningkatkan enkripsi, melindungi jaringan Anda dari peretas, dan bekerja dengan situs web yang menggunakan perangkat Internet of Things. 
  2. Menghemat Baterai
    Fitur Wireless Fidelity 6 adalah kemampuan untuk mengalihkan beberapa perangkat ke mode “sleep” saat tidak digunakan. Tentu saja, ini akan membebaskan bandwidth dari koneksi “sleep” dan memungkinkan perangkat lain untuk menggunakannya. Manfaat lainnya adalah Anda dapat menggunakan sensor IoT yang lebih kecil dengan memanfaatkan konsumsi daya Wireless Fidelity 6 yang rendah.   
  3. Meningkatkan Kecepatan
    Jumlah pengguna yang berlebihan pada satu Access Point (AP) biasanya akan menyebabkan kecepatan internet saat ini menurun. Ini tidak sama dengan WiFi 6, karena WiFi 6 menggunakan unit sumber daya secara dinamis untuk melayani banyak pengguna di AP. Jadi, tidak perlu adanya persaingan sengit antar pengguna untuk mendapatkan bandwidth. 
  4. Tingkatkan Kinerja Access Point
    Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Wireless Fidelity 6 memungkinkan beberapa perangkat terhubung ke satu AP tanpa memperlambat kecepatan internet. Wireless Fidelity 6 memanfaatkan susunan antena hingga 8×8:8, meningkat dari sebelumnya maksimal 4×4:4. Inilah yang meningkatkan kecepatan dan memungkinkan banyak pengguna untuk “berbicara” sekaligus dengan memungkinkan komunikasi simultan di antara pengguna Wireless Fidelity 6. 
  5. Transmit yang Menekankan Pada Keandalan Dan Kecepatan
    Kemampuan Wireless Fidelity 6 untuk memfokuskan sinyalnya di lokasi perangkat nirkabel untuk meningkatkan sinyal yang dapat diandalkan adalah manfaat lain dari LAN jenis ini. Daripada menyebarkan sinyal secara seragam ke seluruh ruang, pengiriman ini memusatkannya pada satu jalur. Hal ini tidak diragukan lagi berkontribusi pada peningkatan kecepatan dan keandalan koneksi. 
  6. Tingkatkan Kapasitas Pengguna Dengan Konfigurasi 8×8
    Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, WiFi 6 memiliki layout antena 8×8 yang mampu mendukung beberapa perangkat sekaligus. Secara keseluruhan, kinerja WiFi 6 bahkan lebih baik daripada generasi Wireless Fidelity sebelumnya, menawarkan throughput dan kapasitas yang lebih besar. 
wifi 6
Bagikan ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *