Berita Utama TelU Jakarta : Kultum Ramadhan Series #1

Kultum Ramadhan Series #1

“Penguatan Taqwa melalui Ibadah Ramadhan”

Jakarta, 19 Maret 2024. Telkom University Jakarta mengadakan segmen acara baru eksklusif yang hanya diadakan selama bulan Ramadhan yakni “KULTUM RAMADHAN”, acara ini berisi kajian rohani yang disampaikan oleh beberapa dosen Telkom University Jakarta.

Kultum Ramadhan #1 kali ini bertemakan “Penguatan Taqwa melalui Ibadah Ramadhan” yang diisi oleh Direktur Telkom University Jakarta yakni Dr. Ir Agus Achmad Suhendra M.T beliau mengatakan Orang yang sedang menjalankan puasa bisa merasa bahwa ini adalah ibadah berat atau ibadah yang ringan tergantung pada keimanan masing-masing. Bahkan tidak sedikit orang yang mengaku Islam akan tetapi tidak melakukan ibadah puasa.

Kultum Ramadhan #1

Sesuai dengan surah Al-Baqarah ayat 183 yang diawali dengan kata iman dan diakhiri dengan taqwa.

Modal dasar menjalankan ibadah puasa adalah Iman. Jika orang yang memiliki iman yang kuat tentunya bisa menjalankan ibadah puasa ini dengan ringan, berbeda dengan orang yang memiliki iman yang lemah, menjalankan ibadah puasa ini merasakan hal yang sangat berat.

“Sebaik-baiknya ibadah adalah ibadah yang dilakukan pada bulan Ramadhan. Karena segala sesuatu ibadah yang kita kerjakan di bulan Ramadhan akan dilipatgandakan.” Ucap Dr. Agus Achmad Suhendra.

Outcome yang diinginkan kita dalam hidup adalah menjadi manusia Taqwa. Dan kita harus benar-benar meraih predikat tersebut karena manusia yang paling mulia di sisi Allah SWT adalah manusia yang ber-Taqwa. Dalam proses pencapaiannya tentunya tidaklah mudah, karena banyak rintangan dan godaan sepanjang hidup yang menghampiri kita.

Kita dapat dengan mudah mengenali ciri orang yang Taqwa di bulan Ramadhan ini, yakni :

1. Mengimani yang Ghaib

Melatih kita untuk senantiasa merasa diawasi oleh Allah SWT.

2. Mendirikan Sholat

Di bulan Ramadhan sholat sunat pun dihargai seperti shalat wajib dan shalat wajib juga dinaikkan pahalanya menjadi 70x lipat.

3. Menyisihkan sebagian harta

Membersihkan harta dan membersihkan diri melalui zakat, infaq dan shodaqoh.

4. Mampu menahan amarah dan hawa nafsunya

Seperti apa yang termaktub dalam Q.S Ali-Imran: 134 “…dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang..”

Begitulah ciri-ciri orang ber-Taqwa yang dapat kita ketahui. “Jika kita melakukan ibadah Ramadhan dengan baik maka otomatis InshaAllah kualitas Taqwa kita akan meningkat dan lebih baik dihadapan Allah SWT.” ucap Dr. Agus Suhendra sebagai kalimat penutup pada acara Kultum Ramadhan #1.

Penulis : Siti Zakiyah | Editor : Husna Rahmi

Bagikan ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *