infrastruktur pada cloud computing

Elemen-elemen
Dasar Infrastruktur pada Cloud dan Peran Pentingnya

Dalam 20 tahun terakhir, bidang komputasi mengalami perubahan yang signifikan. Hal ini disebabkan oleh kemunculan Infrastruktur Cloud yang memudahkan perusahaan dalam mengelola teknologi dan sumber daya digital. Pada saat yang sama, teknologi cloud membantu perusahaan menghemat biaya, memberikan fleksibilitas, keandalan, dan keamanan.

Adopsi cloud ini juga mengalami peningkatan. Berdasarkan survei terbaru O’Reilly, 90% perusahaan menggunakan teknologi cloud. Ini sedikit meningkat dibandingkan survei tahun sebelumnya (88%), dengan hampir setengah perusahaan berencana untuk memindahkan 50% atau lebih aplikasi ke cloud dalam waktu dekat.

 

Selanjutnya, yuk kita kepoin apa dan bagaimana infrastruktur cloud itu…

Pengertian Infrastruktur

Infrastruktur Cloud merupakan sistem komputer yang tersedia berdasarkan permintaan, termasuk sumber daya seperti penyimpanan data, server, jaringan, perangkat lunak visualisasi, dan alat pengelolaan. Terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak yang mendukung pengiriman model dan layanan cloud kepada konsumen.

Perusahaan biasanya menyewa infrastruktur ini dari vendor pihak ketiga. Ini sering lebih dipilih daripada membangun infrastruktur TI sendiri. Selain itu, juga memiliki lapisan abstraksi. Menurut TechTarget, lapisan ini memvirtualisasikan dan secara logis menyediakan sumber daya dan layanan kepada pengguna melalui API juga antarmuka grafis.

apa-itu-cloud-?

Elemen-elemen
Dasar Infrastruktur

Dasar Infrastruktur pada Cloud terdiri dari beberapa elemen teknologi back-end, masing-masing memiliki peran tertentu dalam memenuhi kebutuhan perusahaan yang menggunakan teknologi tersebut. Ini termasuk :

·     Server

Perangkat yang diprogram untuk menyediakan layanan kepada pelanggan. Misalnya, server web menyediakan file HTML menggunakan protokol HTTP. Server dapat digunakan dengan cara yang berbeda sesuai dengan model penyebaran cloud. Dalam private cloud yang dikelola, pengguna dapat memilih untuk menyimpan data di server khusus. Sedangkan dalam public cloud, pengguna dapat menggunakan model multi-tenant di mana server yang sama digunakan untuk beberapa pelanggan.

server sebagai salah satu elemen dasar infrastruktur cloud

·      Jaringan

Penyedia pihak ketiga harus membangun dan memelihara infrastruktur karena cloud diterima melalui internet. Infrastruktur ini membutuhkan bandwidth tinggi sehingga pemeliharaan yang berkelanjutan sangat penting untuk memastikan koneksi yang lancar.

jaringan-untuk-cloud

·      Penyimpanan

Alih dari membangun pusat data di lokasi, penyimpanan cloud memungkinkan pelanggan untuk menyimpan dan mengelola data mereka di dalam server di luar lokasi. Mereka kemudian dapat mengakses data yang disimpan melalui internet dan mengintegrasikan sumber data dengan aplikasi lain yang digunakan dalam cloud yang sama.

penyimpanan-memory

Peran
Penting Infrastruktur Cloud pada Cloud

peran-penting-infrastruktur-cloud

Infrastruktur pada Cloud memegang peran penting dalam cloud karena merupakan dasar bagi cloud yang terdiri dari kumpulan komponen dan elemen yang dibutuhkan. Ini termasuk komputasi, jaringan, penyimpanan, dan interface untuk mengakses sumber daya virtual. Infrastruktur Cloud mendukung cloud dengan memisahkan fungsi dan fitur dari komponen hardware dan software. Penyedia layanan cloud melakukan hosting sumber daya virtual dan mengirimkannya ke pengguna melalui internet atau jaringan.

Infrastruktur ini tersedia dalam tiga model penyebaran cloud utama seperti Public Cloud, Private Cloud, dan Hybrid Cloud. Public Cloud dibagikan bersama antar perusahaan pengguna melalui lingkungan multi-tenant dan dikelola oleh penyedia pihak ketiga. Private Cloud hanya dapat diakses oleh satu perusahaan pengguna dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan mereka. Hybrid Cloud adalah gabungan dari Public Cloud dan Private Cloud.

kunjungi website official kami lainnya:

https://ittelkom-jkt.ac.id

https://jakarta.telkomuniversity.ac.id

(1) Comment

  • Arcico Weldy S April 28, 2023 @ 1:41 am

    Thank for the information, please visit
    VisitUs

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *