GDSC x HMIT :

Exploring Cyber Security and Cloud Computing

Jakarta, 24 Februari 2024. Kolaborasi anatara GDSC (Google Developer Student Club) dan HMIT (Himpunan Mahasiswa Informasi Teknologi) menyelenggarakan webinar yang bertemakan “Exploring Cyber Security and Cloud Computing” via Live Zoom dengan mengundang beberapa ahli yang terampil di bidang cyber security dan cloud computing D peserta dapat mempelajari dan mengambil hikmah ilmu yang diberikan narasumber sehingga bisa menambah wawasan kepada peserta zoom.

Acara dimulai dengan sambutan oleh Ketua Prodi S1 Teknologi Informasi, Deny Haryadi, S. Kom., M. Kom., mengatakan Cyber security dan Cloud Computing merupakan peminatan yang ada di jurusan S1 Teknologi Informasi Telkom University Jakarta oleh karena itu peserta diharapkan dapat mencerna ilmu sebanyak-banyaknya agar peserta akan mudah nantinya jika sudah memulai mengambil peminatan. Dilanjutkan sambutan oleh Dr. Ir. Agus Achmad Suhendra, M.T Selaku Direktur Telkom University Jakarta beliau mengatakan bahwa berbicara tentang Cyber Security dan Cloud Computing merupakan 2 topik yang akan selalu menjadi hangat, menarik dan relevan pada pertumbuhan dan perkembangan industri teknologi saat ini. Sebagai contoh, hari ini saja pasca pemilu maka salah satu isu yang naik jika diskusi mengenai siRekap merupakan adalah hal yang menyangkut security dan tentu saja itu tidak terlepas dari penerapan Cyber Security dan Cloud Computing. Sambutan selanjutnya dari selaku Dekan Fakultas Informatika Universitas Telkom Dr. Z.K. Abdurahman Baizal, S.Si., M.kom., beliau menyampaikan bahwa di samping perkembangan AI yang sedang ramai ini, digital transfromation juga tidak akan luput dari kedua hal ini yakni Cyber Security dan Cloud Computing, dengan adanya webinar kali ini diharapkannya para peserta sekalian dapat mengambil banyak manfaat dari webinar kali ini sebagai bekal pengetahuan kedepannya.

Hadir dalam webinar kali ini Putri Dwi Kusumasari selaku moderator dan Jason Yonathan Huang sebagai narasumber dari PT Bank Centra Asia, Tbk. Jason selaku Cyber Security Engineer menjelaskan bagaimana cybersecurity berjalan, seperti apa penerapannya pada dunia kerja, dan beberapa contoh permasalahan yang sangat berkaitan dengan cybersecurity.

cyber security

Materi selanjutnya yaitu cloud computing yang disampaikan oleh Dipta Laksamana seorang Software Engineer dari E-Commerce Company. Dipta menyampaikan materi tentang cloud computing, yang bukan hanya sekedar alat atau tools untuk mengakses file secara remote, akan tetapi berkat cloud computing penggunanya dapat mengecek email dari device apa pun, atau bahkan menyimpan serta mengakses file dari mana pun seperti Dropbox atau Google Drive. Seperti contoh Adobe, penggunanya bisa mengakses aplikasi melalui Cretive Cloud dengan model subscription. Ini memungkinkan penggunanya mengunduh versi terbaru serta memperbaiki program lebih mudah dan ini merupakan salah satu contoh penerapan cloud computing.

Cloud Computing

Dengan adanya webinar ”Exploring Cyber Security and Cloud Computing” ini diharapkan seluruh peserta Mahasiswa Telkom University Jakarta terutama Mahasiswa jurusan Teknologi Informasi dapat mengambil pelajaran sebanyak-banyaknya, sehingga menjadi bekal untuk jenjang karir mereka nanti di masa depan.

Bagikan ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *