Diklatsar Arshaka Bimantara 2023 TUJ

Diklatsar Anggota Muda Arshaka Bimantara

Kegiatan DIKLATSAR (Pendidikan dan Latihan Dasar) anggota muda ARSHAKA BIMANTARA merupakan program yang diselengarakan oleh kemahasiswaan Telkom University Jakarta yang bertujuan untuk melatih intuisi atau ilmu kepengetahuan para anggota muda ARSHAKA BIMANTARA dengan cara praktik langsung ke lapangan untuk mengimplementasikan materi pra-diklat.

Diklatsar Arshaka Bimantara 2023

Dilaksanakan pada tanggal 25 Juli 2023 sampai 28 Juli 2023, yang bertempat di Pasir Luhur, Ciasmara, Pamijahan, Bogor Regency, Jawa Barat yang bekerja sama dengan WANADRI, diikuti oleh 14 peserta yang merupakan mahasiswa daru jurusan S1 Teknologi Informasi dan S1 Desain Komunikasi Visual.

Tema yang sematkan pada kegiatan DIKLATSAR kali ini adalah “Berani, Kuat, Solidaritas”. Adanya kegiatan ini diharapkan para peserta mengetahui tentang keorganisasian ARSHAKA BIMANTARA, ilmu pengetahuan tentang alam bebas dan lingkungan hidup, meminimalisir adanya kehilangan diri di hutan, dan membantu serta mencetak mental generasi muda yang sadar akan kelestarian lingkungan hidup di sekitarnya.

Dengan meningkatnya jumlah pendaki gunung khususnya di Indonesia belakangan ini, tetapi masih banyak kurangnya kesadaran terhadap kelestarian lingkungan. Bukti nyata dari kurangnya kesadaran adalah seringnya kebakaran hutan di pegunungan, banyaknya sampah organik dan non organik yang ditinggalkan oleh pendaki tanpa mempertimbangkan dampaknya pada makhluk hidup serta lingkungan disekitarnya.

Kemudian banyak sekali pendaki yang tidak memiliki pengenalan alam atau dasar pengetahuan kegiatan alam bebas yang memungkinkan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan, kehilangan dan lain-lain. Oleh karena itu kami membentuk perhimpunan mahasiswa pecinta alam untuk mengurangi dampak kerusakan pada lingkungan dan mengurangi dampak kematian dalam berkegiatan alam bebas.

Sehubungan dengan permasalahan yang marak terjadi seperti yang dipaparkan di atas, ARSHAKA BIMANTARA menyelengarakan kegiatan DIKLATSAR untuk melatih dan mendidik calon anggota muda agar peduli akan Alam dan memberikan pelatihan berkegiatan di alam bebas. Dimana kegiatan ini diwajibkan bagi para peserta yang berminat untuk menjadi anggota tetap di ARSHAKA BIMANTARA. Kegiatan ini laksanakan setiap tahun, dimaksudkan sebagai dasar acuan dan pengukuhan untuk menjadi anggota baru di dalam ”ARSHAKA BIMANTARA” Kegiatan ini termasuk dalam kegiatan olahraga dan edukasi yang dapat membantu pemerintah dalam upaya melestarikan lingkungan hidup.

Bagikan ini:

(3) Comments

  • Microsoft Agustus 21, 2023 @ 11:27 pm

    This is a topic that’s near to my heart… Thank you! Where are your
    contact details though?

  • Agus September 1, 2023 @ 6:45 pm

    Apakah Anggota Muda Arshaka Bimantara wajib Diklatsar?

    • admin_purel September 4, 2023 @ 1:44 am

      Wajib ya kakak untuk pengukuhan anggota muda😊👌

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *