biometric sebagai metode pembayaran

Tiga Inovasi Dalam Metode Pembayaran Via
Biometric

Biometric Payment Tecnology – Sektor jasa pembayaran saat ini sedang menjadi sasaran inovasi digital. Beberapa perusahaan berusaha untuk memberikan inovasi agar pelanggan dapat melakukan pembelian barang atau pembayaran jasa dengan lebih cepat, nyaman, dan mudah.

pembayaran-digital2

Salah satu inovasi yang mulai banyak digunakan adalah cara pembayaran biometric atau biometric payment tecnology. Pembayaran biometri menggunakan ciri-ciri fisik seseorang seperti sidik jari, telapak tangan, dan wajah untuk mengenali identitas dan mengizinkan penarikan dana dari rekening bank atau akun layanan keuangan.

 

Keamanan biometric payment tecnology dapat diperkuat dengan menambahkan metode autentikasi lain,seperti PIN. Beberapa penyedia kartu kredit seperti Visa juga mulai menerapkan faktor autentikasi dengan biometri. Sebuah survei pada tahun 2017 menunjukkan bahwa sebagian besar responden ingin menggunakan teknologi biometri ketika berbelanja. Beberapa toko dan jasa pembayaran di berbagai negara mulai menawarkan fasilitas pembayaran dengan menggunakan teknologi biometri.

Pada artikel ini kita
akan bahas mengenai tiga inovasi dalam metode pembayaran via biometri,
penasaran apa saja, berikut ini informasinya…

Alur
Proses Pembayaran Menggunakan Biometri

1. Pelanggan mendaftarkan data biometrinya ke perusahaan jasa keuangan/bank/toko yang menerima metode pembayaran biometri. Data biometri ini dienkripsi dan disimpan setelah melakukan verifikasi identitas. Tergantung dari pihak yang menyelenggarakan pembayaran biometri, pelanggan juga mungkin harus mendaftarkan informasi rekening bank, kartu kredit atau jasa pembayaran lainnya.

2. Ketika pembeli ingin melakukan pembayaran dengan menggunakan biometri, misalnya dengan sidik jari, ia harus memindai jarinya. Data yang diperoleh dari pemindaian tersebut dienkripsi, kemudian dikirimkan dan dibandingkan dengan data yang sudah tersimpan di basis data. Pembeli juga harus memasukkan PIN sebagai metode autentikasi tambahan.

3. Bila data biometri hasil pemindaian sama dengan yang tersimpan di basis data, bank/jasa pembayaran akan mengizinkan transaksi dan dana akan ditransfer dari rekening milik pembeli ke rekening toko (merchant).

Inovasi Metode Pembayaran
Menggunakan Biometri

pembayaran-digital

1. Pembayaran via Sidik Jari

Proses pembayaran yang menggunakan
autentikasi dengan sidik jari sudah diterapkan di beberapa tempat di Amerika
Serikat. Visa misalnya memanfaatkan teknologi biometri ini sebagai faktor
autentikasi alternatif untuk kartu kreditnya. Pada skema ini, data biometri
disimpan di dalam kartu. Cara ini menghindarkan penyimpanan data pribadi di
basis data bank, toko atau pihak lain sehingga bisa menjaga privasi dengan
lebih baik..

2. Pembayaran dengan Telapak Tangan

Cara pembayaran biometri lain adalah dengan telapak tangan. Cara ini lebih mudah dibandingkan sidik jari (yang harus menggunakan jari tertentu). Pembayaran dengan telapak tangan sudah diuji coba oleh beberapa perusahaan di beberapa negara, misalnya oleh Amazon di toko swalayannya.

pembayaran-digital
pembayaran-digital-5

3. Pembayaran dengan Scan Wajah

Skema pembayaran dengan wajah sudah dijajaki di Indonesia. Pada September 2022, PT KAI menguji coba skema pembayaran dengan teknologi pengenalan wajah (face recognition). Menurut pejabat PT KAI, teknologi tersebut bertujuan untuk mempermudah pelanggan KA Jarak Jauh sehingga tidak perlu lagi menunjukkan berbagai dokumen, seperti boarding pass, KTP, dan dokumen vaksinasi.

Masalah yang ditimbulkan

Salah satu keluhan yang sering dikemukakan terhadap pembayaran biometri adalah masalah privasi. Ada kekhawatiran bahwa data biometri (sidik jari, wajah, telapak tangan, atau data fisik lainnya) yang merupakan data pribadi dan sensitif tidak dapat dijaga dengan baik oleh penyedia jasa pembayaran. Untuk mengatasi masalah ini, penyedia jasa pembayaran dapat menghindari penyimpanan data tanpa perlindungan (misalnya dengan enkripsi atau hashing) atau menyimpan data di perangkat yang dikendalikan sepenuhnya oleh pelanggan (misalnya dalam kartu atau ponsel).

Nah itu dia penjelasan mengenai tiga inovasi dalam metode pembayaran via biometri, jangan lupa untuk cek artikel sebelumnya dan update artikel selanjutnya ya…

Terimakasih…

Yuk kunjungi web IT Telkmo Jakarta lainnya:

https://ittelkom-jkt.ac.id

https://jakarta.telkomuniversity.ac.id

(1) Comment

  • Arcico Weldy S April 28, 2023 @ 1:42 am

    Thank for the information, please visit
    VisitUs

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *