DESIGN THINKING FOR EVERYTHING DI SMKN 1 CIMAHI

DESIGN THINKING FOR EVERYTHING DI SMKN 1 CIMAHI

Kegiatan workshop “Design Thingking for Everything”, yang diselenggarakan dalam pengabdian masyarakat di SMKN 1 Cimahi dirancang untuk mengedukasi peserta didik dan guru pendamping terkait teori dasar design thingking. Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari, dimulai pada tanggal 31 Juli – 1 Agustus 2023. Pada hari pertama, dimulai dengan pemberian materi “Design Thingking for Everything” oleh R. Bhima Danniswara, S.Sn., M.Ds., selaku dosen dari Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual (DKV),  yang kemudian dilanjutkan dengan praktek masing-masing peserta didik guna menerapkan materi yang telah diberikan.

DESIGN THINKING FOR EVERYTHING DI SMKN 1 CIMAHI

Pada hari kedua, peserta workshop diminta untuk memaparkan ide-ide yang telah dibuat dihadapan para peserta lain beserta mempraktekkan cara kerja dari ide-ide tersebut. Penggunaan metode ajar seperti ini bertujuan agar peserta workshop tidak hanya memahami materi yang diberikan, namun juga dapat mengimplementasikan teori tersebut secara langsung.

Revolusi industri memiliki nilai positif dan negatif. Salah satu sisi positifnya yaitu pada bidang pendidikan, khususnya kurikulum pembelajaran pada tingkat kejuruan dan pendidikan tinggi. Mereka dituntut untuk berperan aktif dalam mensukseskan dan percepatan implementasi industry 4.0. Peran dari Peguruan Tinggi adalah menjadi wadah atau tempat persiapan maupun pelatihan untuk sumber daya manusia (SDM) sebagai pendukung revolusi industri. Salah satunya dengan memberikan keterampilan yang berkaitan langsung dengan pemecahan masalah, penerapan dan pengembangan aplikasi yang mendukung percepatan industri 4.0. Dalam hal ini Perguruan Tinggi sebagai jenjang akademik tertinggi dan memiliki kewajiban melakukan pengabdian terhadap masyarakat, tentunya dapat berperan aktif untuk memberikan pelatihan kepada siapapun, baik masyarakat secara umum maupun praktisi akademik dan peserta didik di sekolah-sekolah.

Sisi lain dari revolusi industri yaitu memicu munculnya berbagai permasalahan yang ada di dunia. Mulai dari masalah lingkungan, sosial, dan lain-lain. Permasalahan-permasalahan ini semakin meresahkan keberlangsungan hidup manusia maupun mahkluk hidup lainnya. Untuk itu perlu adanya terobosan atau inovasi baru yang dapat membantu memecahkan permasalahan yang ada. Salah satu teori yang mendukung untuk memecahkan permasalahan adalah teori design thinking.

Dalam mendukung usaha pemerintah tersebut, maka Universitas Telkom Jakarta khususnya Prodi S1 Desain Komunikasi Visual berpartisipasi aktif dalam membangun kerjasama dengan SMKN 1 Cimahi. Pada pengabdian kepada masyarakat ini, difokuskan untuk menjembatani produktifitas siswa antar jurusan di SMKN 1 Cimahi dengan memberikan pelatihan mengenai pengenalan design thinking for everything

Baca juga artikel lainya di sini.

Bagikan ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *