DESIGN THINKING FOR EVERYTHING DI SMKN 1 CIMAHI

DESIGN THINKING FOR EVERYTHING DI SMKN 1 CIMAHI

DESIGN THINKING FOR EVERYTHING DI SMKN 1 CIMAHI

Kegiatan workshop “Design Thingking for Everything”, yang diselenggarakan dalam pengabdian masyarakat di SMKN 1 Cimahi dirancang untuk mengedukasi peserta didik dan guru pendamping terkait teori dasar design thingking. Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari, dimulai pada tanggal 31 Juli – 1 Agustus 2023. Pada hari pertama, dimulai dengan pemberian materi “Design Thingking for Everything” oleh R. Bhima Danniswara, S.Sn., M.Ds., selaku dosen dari Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual (DKV),  yang kemudian dilanjutkan dengan praktek masing-masing peserta didik guna menerapkan materi yang telah diberikan.

DESIGN THINKING FOR EVERYTHING DI SMKN 1 CIMAHI

Pada hari kedua, peserta workshop diminta untuk memaparkan ide-ide yang telah dibuat dihadapan para peserta lain beserta mempraktekkan cara kerja dari ide-ide tersebut. Penggunaan metode ajar seperti ini bertujuan agar peserta workshop tidak hanya memahami materi yang diberikan, namun juga dapat mengimplementasikan teori tersebut secara langsung.

Revolusi industri memiliki nilai positif dan negatif. Salah satu sisi positifnya yaitu pada bidang pendidikan, khususnya kurikulum pembelajaran pada tingkat kejuruan dan pendidikan tinggi. Mereka dituntut untuk berperan aktif dalam mensukseskan dan percepatan implementasi industry 4.0. Peran dari Peguruan Tinggi adalah menjadi wadah atau tempat persiapan maupun pelatihan untuk sumber daya manusia (SDM) sebagai pendukung revolusi industri. Salah satunya dengan memberikan keterampilan yang berkaitan langsung dengan pemecahan masalah, penerapan dan pengembangan aplikasi yang mendukung percepatan industri 4.0. Dalam hal ini Perguruan Tinggi sebagai jenjang akademik tertinggi dan memiliki kewajiban melakukan pengabdian terhadap masyarakat, tentunya dapat berperan aktif untuk memberikan pelatihan kepada siapapun, baik masyarakat secara umum maupun praktisi akademik dan peserta didik di sekolah-sekolah.

Sisi lain dari revolusi industri yaitu memicu munculnya berbagai permasalahan yang ada di dunia. Mulai dari masalah lingkungan, sosial, dan lain-lain. Permasalahan-permasalahan ini semakin meresahkan keberlangsungan hidup manusia maupun mahkluk hidup lainnya. Untuk itu perlu adanya terobosan atau inovasi baru yang dapat membantu memecahkan permasalahan yang ada. Salah satu teori yang mendukung untuk memecahkan permasalahan adalah teori design thinking.

Dalam mendukung usaha pemerintah tersebut, maka Universitas Telkom Jakarta khususnya Prodi S1 Desain Komunikasi Visual berpartisipasi aktif dalam membangun kerjasama dengan SMKN 1 Cimahi. Pada pengabdian kepada masyarakat ini, difokuskan untuk menjembatani produktifitas siswa antar jurusan di SMKN 1 Cimahi dengan memberikan pelatihan mengenai pengenalan design thinking for everything

Baca juga artikel lainya di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DESIGN THINKING FOR EVERYTHING DI SMKN 1 CIMAHI

The workshop activity “Design Thinking for Everything”, which was held as a community service at SMKN 1 Cimahi, was designed to educate students and accompanying teachers regarding the basic theory of design thinking. The activity will be carried out for 2 days, starting from 31 July – 1 August 2023. On the first day, it started with the provision of material on “Design Thinking for Everything” by R. Bhima Danniswara, S.Sn., M.Ds., as a lecturer from the Bachelor in Visual Communication Design (BVCD) Study Program, which was then continued with practical practice. each student to apply the material that has been given.

DESIGN THINKING FOR EVERYTHING DI SMKN 1 CIMAHI

On the second day, workshop participants were asked to explain the ideas they had created in front of other participants and practice how these ideas worked. The aim of using a teaching method like this is so that workshop participants not only understand the material provided, but can also implement the theory directly.

The industrial revolution has positive and negative values. One of the positive sides is in the field of education, especially the learning curriculum at the vocational and higher education levels. They are required to play an active role in the success and acceleration of the implementation of industry 4.0. The role of higher education is to become a forum or place for preparation and training for human resources (HR) as supporters of the industrial revolution. One of them is by providing skills directly related to problem solving, implementation and application development that support the acceleration of industry 4.0. In this case, universities, as the highest academic level and have the obligation to provide community service, can of course play an active role in providing training to anyone, both the public in general and academic practitioners and students in schools.

The other side of the industrial revolution was that it triggered the emergence of various problems in the world. Starting from environmental, social and other issues. These problems are increasingly disturbing the survival of humans and other living creatures. For this reason, there is a need for breakthroughs or new innovations that can help solve existing problems. One theory that supports solving problems is design thinking theory.

In supporting the government’s efforts, Telkom University Jakarta, especially the Bachelor of Visual Communication Design Study Program, actively participates in building collaboration with SMKN 1 Cimahi. In this community service, the focus is on bridging student productivity between departments at SMKN 1 Cimahi by providing training regarding the introduction of design thinking for everything.

Also read other articles here.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *