CakePHP, Framework Berperforma Cepat dalam Membangun Aplikasi Web

CakePHP, Framework Berperforma Cepat dalam Membangun Aplikasi Web

Saat memilih framework untuk membangun situs web atau aplikasi, Anda perlu berhati-hati. Kemudahan dan kelancaran dalam merancang suatu aplikasi sangat ditentukan oleh framework. Pernahkah Anda mencoba mengembangkan website dengan CakePHP, salah satu dari sekian banyak framework yang tersedia saat ini? Yuk, simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui faktanya!

Apa Itu CakePHP

cakephp

CakePHP adalah framework bahasa pemrograman PHP open source yang digunakan untuk membuat aplikasi CRUD (Create, Read, Update, Delete). Bagi Anda yang masih kesulitan mempelajari framework, tersedia Cake PHP sebagai alternatifnya. Dengan kata lain, Cake PHP berfungsi sebagai kerangka dasar bagi pemrogram untuk membuat aplikasi web. Selain itu Cake PHP juga menjadi salah satu framework pilihan yang mendukung seorang web developer untuk membuat sebuah aplikasi dengan karakter RAD (Rapid Application Development), adanya RAD memungkinkan untuk membangun aplikasi lain menjadi lebih kompleks. 

Keahlian CakePHP

  1. Code Development
    Anda dapat mendesain website sederhana hingga agak rumit menggunakan Cake PHP. Kode bukanlah sesuatu yang harus Anda terlalu khawatirkan. karena kerangka kode Cake PHP yang relatif mudah. Kemudian, Anda dapat membuat website dengan lebih mudah menggunakan Cake PHP dan pendekatan Model-View-Controller (MVC). Selain itu, kerangka kerja ini bekerja dengan baik dengan sistem manajemen basis data PostgreSQL, MySQL, Microsoft SQL Server, dan SQLite. Selain itu, kerangka kerja ini berisi sejumlah fitur utama, termasuk konvensi, pembuatan kode, dan scaffolding.
  2. Security
    Aspek keamanan kerangka kerja ini bekerja dengan sangat baik di situs web. Karena framework ini memiliki fitur keamanan seperti validasi data, pertahanan terhadap serangan hacker, cross-site scripting (XSS), cross-site request forgery (CSRF), dan serangan SQL Injection.
  3. Documentation
    Cake PHP memiliki dokumentasi yang cukup lengkap, dari mulai hal dasar seperti proses instalasi hingga hal-hal teknis lainnya, sangat sesuai bagi Anda yang sedang mempelajari framework ini. Dokumentasinya juga membahas mengenai API yang cukup detail. Tak hanya itu, kamu juga dapat mengikuti sertifikasi serta pelatihan yang diselenggarakan oleh Cake PHP.
  4. Longevity
    Selama kurang lebih sepuluh tahun, Cake PHP telah bersaing dengan framework lainnya dengan 110 kali update rilis dengan tiga versi utama. Saat ini, framework ini masih berada di dalam lima besar framework yang cukup populer pada situs Github.
  5. License
    Seluruh code untuk Cake PHP dinaungi oleh lisensi MIT dan dirilis secara Open Source serta tidak berbayar. Cake PHP dilindungi oleh Cake Software Foundation yang merupakan badan hukum untuk melindungi hak cipta, hukum dan pembayaran, sertifikasi developer, dan lain lain.

CakePHP Tutorial

tutorial cakephp
  1. Sebelum anda memulai pengembangan dengan CakePHP anda perlu mendapatkan salinan framework-nya yang di unggah ke server anda. Kunjungi CakePHP.com dan klik tombol “Download” yang besar. Pastikan untuk mengunduh rilis-stabil dan bukan rilis-kandidat. Juga banyak perbedaan format berkas yang cocok sehingga anda bisa memilih yang paling cocok dengan komputer anda.
  2. Ketika anda sudah mendapatkan salinan dari CakePHP, langkah selanjutnya adalah mengunggah salinan tersebut ke ruang web PHP dan MySQL yang ada. Saya lebih merekomendasikan untuk membuat sebuah folder baru untuk proyek CakePHP.
  3. Konfigurasi CakePHP cukup mudah. Kita hanya perlu memberitahu CakePHP detail basisdata kita dan mengatur bagaimana fungsi pokok bekerja. Untuk tujuan pengembangan anda seharusnya membuat sebuah basis data baru dan seorang pengguna dengan hak-hak khusus berikut : ALTER, CREATE TEMPORARY TABLES, CREATE, DELETE, DROP, SELECT, INSERT, UPDATE, REFERENCES, INDEX, LOCK TABLES. Ketika pengguna dan basisdata selesai dibuat, kita bisa menemukan berkas konfigurasi basis data CakePHP, lokasinya di /app/config/database.php.
  4. Ketika anda selesai memasukkan detil basisdata yang benar dan mengunggah semua berkas CakePHP, instalasi tersebut seharusnya berjalan dengan baik untuk pengembangan. Buka pada peramban/browser anda folder yang diunggah pada proses instalasi tadi. Jika semua berjalan baik, anda seharusnya melihat halaman berikut ini:
tutorial cakephp
Bagikan ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *