SLB Kuntum Mekar

Alat Cuci Tangan Otomatis Sebagai Fasilitas Sanitasi di SLB B Kuntum Mekar 01

Jakarta, 16 Juni 2024 – Tim Abdimas Universitas Telkom Jakarta telah melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di Sekolah Luar Biasa (SLB) B Kuntum Mekar 01 Jakarta. SLB B Kuntum Mekar 01 Jakarta memiliki keterbatasan dalam hal fasilitas sanitasi yang memadai, termasuk akses terhadap air bersih, sabun dan tempat cuci tangan. Oleh karena itu pembuatan alat cuci tangan otomatis dapat menjadi sebuah solusi yang efisien untuk meningkatkan aksesibilitas dan ketersediaan fasilitas cuci tangan.

Kegiatan yang diikuti oleh beberapa dosen Fakultas Teknik Elektro yakni Sevierda Raniprima, S.T., M.T., Kamelia, S.T., M.Sc., Ph.D., Yudiansyah, S.T., M.T., Vivi Monita, S.T., M.T., dan Aisyah Novfitri, S.T., M.T., serta dosen Fakultas Ilmu Terapan yakni Muhamad Roihan, S.T., M.T., dan Pietra Dorand, S.Pd.,M.Pd., dan beberapa mahasiswa juga turut berpartisipasi dalam pengabdian masyarakat kali ini.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat dari Abdimas Tel-U Jakarta ini dapat memberikan dampak yang positif bagi lingkungan belajar di SLB B Kuntum Mekar 01” Ucap M. Roihan dalam sambutannya.

Sekolah Luar Biasa merupakan lingkungan  pendidikan yang membutuhkan perhatian khusus terhadap kebersihan dan kesehatan siswa, terutama mengingat kebutuhan kesehatan yang dimiliki oleh siswa dengan kondisi khusus. Kebersihan dan sanitasi adalah salah satu aspek yang sangat penting dalam memastikan kesehatan dan kenyamanan siswa dikarenakan para siswa SLB sering kali memiliki kekebalan tubuh yang rentan dan rentang perhatian kesehatan mereka yang beragam, oleh karena itu kebersihan tangan yang baik sangat penting untuk mencegah penyebaran penyakit menular di antara para siswa.

Implementasi Alat Cuci Tangan Otomatis Untuk Fasilitas Sanitasi di SLB B Kuntum Mekar 01 Jakarta menjadi solusi pengabdian masyarakat oleh tim Abdimas Tel-U Jakarta. Alat cuci tangan yang tidak hanya berfungsi sebagai fasilitas sanitasi, tetapi juga sebagai sarana pendidikan kesehatan bagi para siswa. Melalui penggunaan alat ini, siswa dapat belajar tentang bagaimana pentingnya mencuci tangan secara teratur dengan teknik yang benar agar dapat membantu mereka mencegah penyakit, meningkatkan kesehatan, dan menciptakan lingkungan yang nyaman.

Tahapan yang dilakukan oleh tim Abdimas Tel-U Jakarta adalah merancang alat cuci tangan otomatis, menyusun kebutuhan alat dan bahan, dilanjut dengan membuat alat cuci tangan otomatis itu sendiri. Alat yang sudah selesai dirancang pun akan diserahkan ke pihak SLB B Kuntum Mekar 01 sekaligus memberikan pelatihan mengenai praktik cuci tangan yang baik dan benar.

Dengan adanya Alat Cuci Tangan Otomatis yang telah dirancang oleh tim Abdimas Tel-U Jakarta diharapkannya SLB B Kuntum Mekar 01 dapat menjadi lingkungan belajar yang lebih sehat, aman, dan inklusif bagi semua siswa dan staf di sana.

Penulis : Abdimas Tel-U Jakarta, Ezakiyah | Editor : Husna Rahmi

 

 

Baca Juga : D3 TT Tel-U Jakarta Gelar Kuliah Umum terkait Jaringan FTTH & Teknologi GPON

Bagikan ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *