Desain Komunikasi Visual (DKV)

Prospek Kerja Lulusan S1 DKV yang memiliki Gaji Tinggi

Lulusan S1 Desain Komunikasi Visual (DKV) memiliki prospek karier yang luas dan berpotensi mendapat nilai gaji yang tinggi, terutama jika kalian memiliki keterampilan expert dan relevan pada bidangnya serta mampu mengikuti perkembangan industri kreatif. Berikut beberapa prospek kerja dengan potensi gaji yang tinggi bagi lulusan S1 Desain Komunikasi Visual:

  1. Art Director

Art Director merupakan seseorang yang memimpin tim kreatif dalam pengembangan konsep visual untuk iklan, majalah, film, ataupun platform digital. Seorang Art Director yang bekerja pada sebuah perusahaan besar atau agensi iklan dapat memiliki gaji yang cukup tinggi, terutama jika Ia bekerja di perusahaan multinasional. Kisaran gaji yang dapat ditaksir oleh seorang Art Director dapat mencapai Rp10 juta hingga RP30 juta per bulan, bahkan bisa lebih untuk senior level di sebuah perusahaan besar.

  1. Creative Director

Creative Director merupakan seseorang yang memiliki tugas untuk mengawasi seluruh arah kreatif dalam proyek pemasaran atau branding perusahaan, termasuk kampanye iklan dan strategi komunikasi visual. Di perusahaan besar, posisi ini memiliki gaji yang cukup kompetitif dengan kisaran Rp20 juta hingga Rp50 juta per bulan, tergantung pengalaman dan perusahaan.

  1. UI/UX Designer

UI/UX Designer memiliki peran dalam merancang antarmuka dan pengalaman pengguna untuk sebuah aplikasi, website, dan produk digital lainnya. Dengan meningkatnya permintaan terhadap produk digital, gaji seorang UI/UX designer terus meningkat, terutama di StartUp Teknologi dan perusahaan besar. Posisi ini memiliki kisaran gaji mulai dari Rp10 juta hingga Rp25 juta per bulan.

  1. Animator atau Motion Graphic Designer

Membuat animasi dan desain grafis bergerak untuk berbagai media seperti film, iklan dan media digital. Seorang Animator atau Motion Graphic Designer memiliki kisaran gaji Rp8 juta hingga Rp20 juta perbulan, tergantung besaran proyek dan klien yang digarapnya.

  1. Brand Strategist

Seorang Brand Strategist memiliki jobdesk dalam mengembangkan strategi brand yang mencakup identitas visual, tone dan positioning di pasar. Pekerjaan ini sangat dihargai terutama di perusahaan yang mengedepankan citra dan komunikasi brand yang kuat. Posisi ini memiliki kisaran gaji mulai dari Rp15 juta hingga Rp40 juta perbulan.

  1. Creative Consultant

Memberikan konsultasi kepada perusahaan atau agensi dalam hal strategi kreatif dan desain visual untuk kampanye pemasaran atau rebranding. Memiliki kisaran gaji yang bisa mencapai Rp20 juta per proyek atau lebih jika bekerja dengan perusahaan besar atau internasional.

  1. Freelance Designer

Freelance adalah seorang independen yang mengerjakan berbagai proyek. Freelance designer yang sukses dan memiliki portofolio yang bagus dan kuat dapat memiliki gaji yang sangat tinggi, terlebih lagi jika klien berasal dari luar negeri. Kisaran gaji mulai dari Rp10 juta hingga Rp50 juta, tergantung klien dan kompleksitas proyek yang diambilnya.

  1. Game Designer

Seorang Game designer memiliki tugas dalam membuat konsep visual dan pengalaman pengguna dalam permainan dengan bekerja sama dengan developer dan tim kreatif lainnya. Memiliki kisaran gaji mulai dari Rp15 juta hingga Rp30 juta per bulan, atau lebih jika bekerja di perusahaan global.

  1. Desainer Produk Digital

Merancang produk digital seperti aplikasi, software, atau produk lain yang melibatkan interaksi digital, seorang Designer Produk Digital dapat memiliki kisaran gaji mulai dari Rp15 juta hingga Rp35 juta per bulannya.

  1. Illustrator atau Concept Artist

Seorang Illustrator atau Concept Artist memiliki tugas untuk membuat ilustrasi dan konsep untuk berbagai proyek seperti film, game, komik, dan buku. Kisaran gajinya pun terbilang cukup besar, mulai dari Rp8 juta hingga Rp25 juta, atau bisa lebih untuk proyek internasional.

Dengan semakin berkembangnya teknologi di industri kreatif saat ini, lulusan Desain Komunikasi Visual yang berpotensi memang sangat dicari bagi banyak perusahaan-perusahaan teknologi zaman sekarang, demi menampakkan visual brand perusahaan mereka agar terlihat lebih menarik.

Bagi kalian yang tertarik melanjutkan studi di bidang Desain Komunikasi Visual ataupun bidang teknologi lainnya, kalian bisa mengunjungi Instagram SMB Telkom Jakarta ataupun website SMB Telkom untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Penulis : Siti Zakiyah | Editor : Husna Rahmi

 

Baca Juga : Prospek Kerja Program Studi Teknologi Informasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *