5 Bahasa Pemprograman Terpopuler di Tahun 2022

Gejolak teknologi terus berkembang pesat kian hari, banyak pilihan tren bahasa pemprograman yang dapat kita pelajari dan geluti di tahun 2022 ini. Jika kamu tertarik dibidang developer atau programmer kamu harus memiliki skill utama yaitu coding. Tertarik dengan bidang lainnya?, mari simak ulasan 5 bahasa pemprograman terpopuler yang wajib dikuasai di tahun 2022 ini…

Python

Belakangan, bahasa pemprograman Python jadi salah satu dari banyaknya bahasa pemprograman yang paling populer di tahun 2022 ini. Hal ini karena cukup sederhana dan mudahnya Python untuk dapat dipelajari, Python menjadi pilihan utama bagi pemula yang ingin menggeluti bidang teknologi dan ingin mengembangkan sayapnya menjadi data science, machine learning, dan backend development.

C/C++ 

Bahasa pemprograman satu ini merupakan salah satu bahasa pemprograman yang paling tua dan masih eksis hingga saat ini, sejarah bahasa pemprograman C menjadi dasar dari lahirnya banyak bahasa pemprograman saat ini. Selain bahasa C, kamu juga harus mendalami bahasa C++ karena keduanya memiliki pengaruh satu sama lainnya. Dengan mempelajari keduanya kamu akan mampu memahami cara kerja komputer dan coding secara umum. Kedua bahasa pemprograman ini masih menjadi andalan bagi kebanyakan orang bahkan untuk mengembangkan vidio game dan aplikasi sehingga tetap populer hingga di tahun 2022 ini.

JavaScript 

Bahasa pemprograman satu ini menjadi pelengkap diantara jejeran bahasa pemprograman populer lainnya, Analytics Insight menuturkan bahwa JavaScript masih menjadi pemimpin indutri dalam tren bahasa pemprograman. JavaScript dapat dimanfaatkan untuk segala keperluan aktivitas pengembangan, dimulai dari pengembangan mobile app, website, aplikasi, dan pengembangan lainnya. Bahasa pemprograman ini juga memiliki beragam library dan framework yang dapat dimanfaatkan oleh seorang developer.

Java

Tak hanya JavaScript, bahasa pemprograman satu ini juga masih dapat mempertahankan kepopulerannya hingga saat ini karena beragam kegunaanya. Memiliki format yang hampir sama dengan bahasa pemprograman C dan C++ tak membuat bahasa pemprograman satu ini dapat dikatakan biasa saja. Kompatibilitas di berbagai sistem operasi dan sistem perangkat kerasnya membuat bahasa pemprograman Java menjadi lebih praktis dan dapat digunakan di beberapa platform, hal ini menjadi keunggulan lain dari bahasa pemprograman Java jika dibandingkan dengan bahasa pemprograman C dan C++ yang dapat dipertimbangkan.

PHP 

Jika tertarik menjadi seorang website depelopment, bahasa pemprograman satu ini dapat menjadi salah satu pilihan yang dapat dipelajari. Dikembangkan oleh Rasmus Lerdrorf membuat bahasa pemprograman satu ini seringkali digunakan oleh perusahaan ternama sebagai bahasa komando dalam CMS (content management system) mereka. WordPress, Facebook, Wikipedia, dan Digg menggunakan PHP karena server side scripting  khusus website dan integrasi database-nya  yang mudah untuk dipahami.

Itu dia 5 bahasa pemprograman terpopuler di tahun 2022 yang wajib kalian dipelajari, dengan menguasai deretan bahasa pemprograman tersebut kamu dapat memiliki peluang di dunia kerja.

Untuk info lainnya silahkan kunjungi :

https://ittelkom-jkt.ac.id

https://jakarta.telkomuniversity.ac.id

(1) Comment

  • Arcico Weldy S April 28, 2023 @ 1:35 am

    Thank for the information, please visit
    VisitUs

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *