“Build Personal Branding” PengMas di SMK Telekomunikasi Telesandi

Pengabdian Masyarakat di SMK Telekomunikas Telesandi

Abdimas Tel-U Jakarta ajak siswa/i SMK Telekomunikasi Telesandi untuk Build Personal Branding

Jakarta, 7 Mei 2024 – Prodi Desain Komunikasi Visual (DKV) Tel-U Jakarta mengunjungi SMK Telekomunikasi Telesandi yang bertempat di Bekasi. Abdimas yang diikuti oleh 3 Dosen Telkom University Jakarta yakni Reza Ramadani Firman, S.Ds., M.Ds., Dea Wemona Rahma, S.Kom., M.T.I., Trimalda Nur Fitriati, S.Sn., M.Ds., dan 4 Mahasiswa Telkom University Jakarta yaitu ⁠Najwa Aisyah, Nadine Charista Wibowo, Reza Mohammad Rifky, ⁠Khansa Tanaya Putri mengusung tema “Build Your Personal Brand  (Persiapan Untuk Dunia Kerja dan Kuliah)”.

Personal branding adalah proses membangun dan mempromosikan citra diri yang konsisten dan positif untuk menciptakan kesan di benak orang lain. Personal branding bertujuan untuk membedakan diri dari orang lain dalam bidang yang sama dan menarik perhatian serta kepercayaan dari audiens target, baik itu atasan, klien, atau pengikut di media sosial.

Personal branding termasuk salah satu hal yang penting untuk dipersiapkan demi menghadapi isu-isu yang akan terjadi di masa depan, seperti Resesi Global Contohnya.

Resesi Global merupakan kondisi ekonomi di mana terjadi penurunan signifikan aktivitas ekonomi di seluruh dunia. Dalam resesi global, banyak negara mengalami kontraksi ekonomi secara bersamaan, yang dapat mengakibatkan penurunan produksi, penurunan daya beli konsumen, peningkatan tingkat pengangguran, dan berbagai dampak negatif lainnya.

“Isu Resesi Global pernah terjadi pada tahun 2023 silam, namun tidak menutup kemungkinan bahwa di masa depan akan terjadi isu seperti itu lagi” ucap Ketua Pelaksana Abdimas kali ini, Reza Ramadani Firman, S.Ds., M.Ds.

Resesi global ini memiliki dampak yang cukup tinggi terhadap Gen-Z, dikarenakan rata-rata usia Gen-Z sekarang sudah menginjak usia bekerja dan efek yang mungkin sangat terlihat adalah meningkatnya pengangguran dan sulitnya mencari lapangan pekerjaan.

Oleh karena itu, membentuk personal branding yang unik dan meningkatkan value diri serta mengembangkan softskill akan sangat penting demi mempersiapkan diri di masa depan.

10 Softskill yang dibutuhkan di masa depan

1. Kreatif

2. Kemampuan Menyelesaikan Masalah (Problem Solving)

3. Kerja Sama Tim

4. Kepemimpinan

5. Kemampuan Negosiasi

6. Manajemen Waktu

7. Kemampuan Mengambil Keputusan

8. Kemampuan Mengendalikan Emosi

9. Berpikir Kritis

10. Networking

“Ini merupakan softskillsoftskill yang harus kalian kuasai agar mempermudah kalian nanti” tutur Reza setelah menjelaskan tentang softskill pada Abdimas kali ini.

Setelah menyampaikan perihal softskill yang dibutuhkan di masa depan, Reza juga menyampaikan bahwa ada beberapa hal yang harus dipersiapkan Gen-Z agar lebih siap lagi menghadapi isu-isu yang akan terjadi di masa depan, yaitu :

1. Mempersiapkan CV

– Melengkapi Data diri

– Penjelasan diri yang ringkas dan jelas

– Data pendidikan terbaru

– Pengalaman organisasi

– Tampilkan Prestasi & Skill yang kamu miliki

2. Portofolio

Menunjukkan hasil dari kemampuan dan skill yang kamu miliki dalam portofolio yang menarik

3. Identifikasi perusahaan atau organisasi yang akan di apply

4. Hadapi interview dengan tenang dan penuh percaya diri

5. Tunjukan bahwa dirimu memang sangat tertarik pada perusahaan tersebut.

Jika berhasil membuat personal branding yang unik dan menguasai softskill di atas, maka para siswa/i SMK Telekomunikasi Telesandi yang juga termasuk di Generasi-Z diharapkannya dapat lebih matang dalam mempersiapkan diri mereka untuk menghadapi berbagai macam tantangan dan kemungkinan termasuk resesi global yang akan terjadi di masa depan.

Penulis : Siti Zakiyah | Editor : Husna Rahmi

 

Baca Juga : Tel-U Jakarta Gelar PengMas di SMK Nagrak Boarding School Purwakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *