perbedaan teknologi informasi dan sistem informasi

Perbedaan Teknologi Informasi dan Sistem Informasi

Serupa tapi tak sama. Ya, peribahasa tersebut sangat cocok jika dikaitkan dengan program studi Teknologi Informasi maupun program studi Sistem Informasi. Pasalnya, memang banyak sekali orang yang kerap kali dibuat kebingungan oleh kedua program studi tersebut.

Program studi Teknologi Informasi adalah program studi yang mempelajari tentang teknologi yang membantu manusia mulai dari membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan, atau menyebarkan suatu informasi.

Sedangkan program studi Sistem Informasi adalah program studi yang mempelajari terkait sistem yang menggabungkan aktivitas manusia dengan penggunaan teknologi. Tujuan utama dari sistem tersebut adalah untuk menjadikan data mentah menjadi suatu informasi yang nantinya berguna sebagai pengambil keputusan baik untuk suatu organisasi maupun instansi.

Dengan demikian Teknologi Informasi dan Sistem Informasi adalah dua konsep yang saling berkaitan dalam dunia teknologi, tetapi memiliki fokus dan ruang lingkup yang berbeda. Berikut perbedaan mendetail antara keduanya:

  1. Teknologi Informasi (TI)

Teknologi Informasi adalah penggunaan perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), jaringan, dan teknologi lainnya untuk mengelola dan memproses informasi. TI juga mencakup segala hal yang berhubungan dengan teknologi yang mendukung penciptaan, penyimpanan, pengiriman, dan penggunaan informasi.

Fokus TI lebih kepada teknologi dan infrastruktur yang mendasari proses pengolahan informasi. Sebagai contoh: komputer, jaringan internet, database, cloud computing, perangkat lunak aplikasi, perangkat keras jaringan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

  1. Sistem Informasi (SI)

Sistem Informasi merupakan sebuah kombinasi dari teknologi informasi dengan aktivitas manusia yang terorganisir untuk mendukung operasi, manajemen, dan pengambilan keputusan dalam suatu organisasi. SI juga mencakup teknologi, orang, dan proses untuk mengelola data dan informasi yang dimiliki.

Fokus SI lebih kepada proses, aliran informasi, dan bagaimana teknologi digunakan dalam konteks bisnis atau organisasi untuk mencapai tujuan tertentu. Contoh output yang dihasilkan SI: Sistem manajemen pelanggan atau Customer Relationship Management (CRM), Sistem informasi sumber daya manusia atau Human Resource Information System (HRIS), Sistem perencanaan sumber daya perusahaan atau Enterprise Resource Planning (ERP).

perbedaan teknologi informasi dan sistem informasi

Penulis : Siti Zakiyah | Editor : Husna Rahmi

 

Baca Juga : Apa itu Mata Kuliah?

Bagikan ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *