Kamus Istilah Perkuliahan

Kamus Istilah Perkuliahan #Part 2

Penasaran dengan istilah-istilah baru yang sering kalian dengar di lingkungan kampus? Dunia perkuliahan memiliki bahasanya sendiri yang mungkin terdengar asing bagi para mahasiswa baru. Mulai dari singkatan-singkatan unik hingga istilah teknis yang berkaitan dengan studi, semua memiliki makna tersendiri. Setelah kalian mengetahui istilah-istilah dunia perkuliahan bagian pertama kemarin, kali ini mari kita bahas bagian ke dua dari Kamus Istilah Perkuliahan.

Sebagai mahasiswa, kalian pasti sering mendengar istilah-istilah seperti KRS, SKS, UKM, dan masih banyak lagi. Namun, tahukah kalian apa arti sebenarnya dari istilah-istilah tersebut? Mengetahui arti dari setiap istilah akan sangat membantu kalian untuk lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan kampus dan mengikuti perkuliahan dengan efektif. Selain itu, dengan memahami istilah-istilah perkuliahan, kamu juga akan lebih mudah berinteraksi dengan dosen, teman seangkatan, serta senior.

  1. Akreditasi

Akreditasi adalah suatu proses evaluasi dan pengakuan resmi yang diberikan oleh lembaga atau badan yang berwenang terhadap suatu institusi, program studi, atau lembaga pendidikan, untuk memastikan bahwa institusi atau program tersebut memenuhi standar kualitas tertentu yang telah ditetapkan. Maka semakin baik nilai akreditasi kampus kalian, maka semakin baik juga kualitas pendidikan dan layanan yang dimiliki oleh kampus kalian. Seperti contoh, Telkom University terakreditasi Unggul dengan No. SK 407/SK/BAN-PT/AK-ISK/PT/V/2021 yang dikeluarkan tanggal 4 Mei 2021.

  1. PKKMB

PKKMB merupakan singkatan dari Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru, ini merupakan program orientasi yang dirancang untuk memperkenalkan mahasiswa baru pada lingkungan, budaya, dan kehidupan akademik perguruan tinggi. Jika di jenjang sekolah mungkin ini bisa juga dikenal sebagai OSPEK.

  1. UKT (Uang Kuliah Tunggal)

UKT adalah biaya kuliah yang perlu dibayarkan oleh mahasiswa tiap semesternya. Pembayaran UKT ini biasanya dilakukan di awal semester baru. UKT ini bisa kalian anggap seperti SPP yang kalian bayarkan tiap semesternya ketika kalian sekolah.

  1. SP (Semester Pendek)

Program Perkuliahan yang diadakan pada liburan semester untuk mempercepat masa studi atau memperbaiki nilai mata kuliah. Biasanya berlangsung selama beberapa minggu di antara semester.

  1. KP (Kerja Praktik)

KP merupakan program yang diadakan oleh perguruan tinggi untuk memberikan mahasiswa pengalaman kerja nyata di industri atau perusahaan yang sesuai dengan bidang studi yang kalian ambil. Program KP ini biasanya berlangsung selama beberapa bulan, dan biasanya KP juga menjadi salah satu syarat kelulusan bagi mahasiswa.

  1. KTM (Kartu Tanda Mahasiswa)

Kartu Identitas Resmi yang dikeluarkan oleh universitas untuk setiap mahasiswanya. Fun factnya adalah jika terdapat diskon pelajar, baik itu jajanan ataupun tempat wisata, dengan menunjukkan KTM kalian dapat menikmati diskon pelajar tersebut.

  1. UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa)

UKM adalah organisasi di dalam kampus yang bergerak di bidang minat dan bakat seperti olahraga, seni, keilmiahan dan lain sebagainya. Organisasi ini dapat dengan bebas diikuti oleh mahasiswa untuk menyalurkan minat dan bakat agar terus berkembang.

  1. BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa)

BEM adalah sebuah organisasi mahasiswa di tingkat universitas atau fakultas yang mengatur kegiatan kemahasiswaan. BEM juga bisa juga disebut dengan OSIS untuk tingkat sekolah menengah.

Karena pada kamus istilah perkuliahan sebelumnya membahas tentang istilah akademik, maka untuk kamus istilah perkuliahan kali ini kami membahas istilah-istilah non-akademik. Dengan mengetahui istilah-istilah ini harapannya dapat membantu kalian agar lebih mudah memahami dan beradaptasi di dunia perkuliahan ini.

Salam TelUtizen Jakarta!

Penulis : Siti Zakiyah | Editor : Husna Rahmi

 

Baca Juga : Kamus Istilah Perkuliahan #Part 1

Bagikan ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *