Berita Pendidikan Telkom University Jakarta, segera Lakukan Persiapan Kuliah

4 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Kuliah

Kuliah membutuhkan persiapan yang matang dan sesuai dengan kampus serta jurusan yang akan dipilih. Banyak hal yang perlu kalian lakukan sebelum kuliah seperti memilih kampus, jurusan dan bagaimana bekal kalian untuk melakukan tes masuk kuliah.

Dengan mengikuti persiapan kuliah ini kalian akan siap masuk kuliah yang pastinya sesuai minat dan kemampuan yang kalian miliki. untuk itu mempersiapkan hal ini sebaik mungkin agar kalian dapat fokus berkuliah dan merintis karier sejak dini.

Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Kuliah

Selain memilih jurusan kuliah, ada beberapa hal lain yang harus kalian perhatikan sebelum memilih jurusan di kampus impian kalian. Cicillah persiapan ini dari sekarang agar nantinya kalian tidak keteteran dan bingung saat waktunya tiba untuk memutuskan jurusan dan kampus impian kalian.

  1. Pilih Kampus yang Sesuai

Sebuah kampus memiliki banyak jurusan yang dapat kalian pilih. Namun, memilih kampus tidak boleh sembarangan. Kalian perlu memperhatikan akreditasi dan jurusan kuliah yang ingin kalian pilih agar kejadian “salah pilih jurusan” tidak terjadi pada kalian.

Karenanya akreditasi bisa menjadi bahan pertimbangan kalian sebelum memilih kampus tujuan. Akreditasi sebuah kampus juga dapat menentukan biaya kuliah yang akan kalian bayarkan nantinya.

  1. Explore Minat dan Karier

Jenjang pendidikan tinggi memiliki banyak sekali jurusan. Jika kalian menyukai komputer ataupun jaringan, maka Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Teknik Telekomunikasi mungkin akan menjadi pilihan yang terbaik bagi kalian. Mulai dari perangkat lunak hingga perkembangan digital bisa kalian pelajari di jurusan tersebut.

Jika kalian menyukai seni, menggambar, animasi dan desain maka Desain Komunikasi Visual (DKV) adalah pilihan yang tepat bagi kalian. Banyak hal yang dapat kalian pelajari jika memilih jurusan DKV seperti animasi 2D dan 3D hingga komunikasi desain untuk jurusan DKV.

  1. Tekuni Bidang Kalian

Persiapan kuliah yang paling penting adalah menekuni bidang yang kalian minati. Dengan banyaknya bidang kuliah, kalian bisa mempersiapkan materi yang akan dipelajari dan mempelajari lebih awal materi-materi tersebut, sehingga saat kalian berkuliah kalian sudah memahami dasar dari jurusan yang telah kalian pilih.

Dengan menekuni bidang yang kalian minati dapat mengasah kemampuan yang kalian miliki. jika kemampuan dan minat kalian telah biasa diasah sejak dini, maka kalian akan memiliki banyak kesempatan untuk bekerja nantinya ataupun semasa kalian berkuliah.

  1. Perluas Relasi

Mengikuti tes masuk kuliah dan masuk di kampus impian tentu saja merupakan hal yang paling diinginkan oleh semua calon mahasiswa. Selama mengikuti masa tes masuk kuliah kalian dapat memulai untuk mencari relasi ataupun teman baru untuk mempermudah koneksi kalian nanti ketika berkuliah.

Persiapkan juga mental kalian untuk mengikuti beberapa kegiatan organisasi di luar perkuliahan, hal ini juga dapat membantu memperluas relasi dan menambah wawasan baru bagi kalian.

Begitulah keempat hal yang harus kalian persiapkan sebelum kuliah yang dapat dilakukan. Dengan mengikuti poin-poin di atas, dapat mengurangi kebingungan dan mematangkan persiapan kalian sebelum memasuki kampus impian kalian.

Penulis : Siti Zakiyah | Editor : Husna Rahmi

 

Baca Juga : 5 Keuntungan Kuliah di Swasta

Bagikan ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *